Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Agenda Pariwisata di Padang Ditunda untuk Cegah Corona

Kompas.com - 23/03/2020, 09:48 WIB
Rahmadhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pemko Padang menunda sejumlah agenda yang akan digelar dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona yang sudah menjadi pandemi global.

"Memang ada beberapa agenda pariwisata kita dalam waktu dekat ini. Seperti festival Bak Cang Lamang Baluwo, Lomba Selaju Sampan dan kejuaraan gulat internasional. Namun kita tunda dulu penyelenggaraanya untuk menghindari penyebaran virus corona ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian, dihubungi melalui telepon, Minggu (22/3/2020).

Arfian mengatakan akan melakukan penjadwalan ulang untuk sejumlah agenda yang ditunda tersebut.

"Kita akan melihat kondisi dulu. Jika sudah kondusif maka kita akan melakukan penjadwalan ulang dan menggelarnya lagi," sebutnya.

Baca juga: Wali Kota Padang Instruksikan Tutup Tempat Hiburan Malam dan Warnet hingga 4 April

Untuk menghindari penyebaran virus corona ini, sebelumnya pemerintah Kota Padang sudah menutup tempat wisata seperti Pantai Air Manis dan Gunung Padang.

"Kita melakukan penutupan sementara untuk tempat wisata Pantai Air Manis dan Gunung Padang. Penutupan kita lakukan sampai 2 April mendatang," ungkapnya.

Lebih jauh Arfian mengatakan kunjungan wisata ke Kota Padang pada saat ini memang belum meningkat.

"Kunjungan wisata saat ini memang low season, karena agenda pariwisata kita belum banyak. Kunjungan akan meningkat di sekitar bulan Juni ke atas, karena agenda pariwisata kita sudah mulai banyak," ungkapnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Satpol PP Padang Panggil Orangtua yang Anaknya Masih Main di Warnet

Jumlah ODP corona di Padang

Hingga Rabu (18/3/2020), jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kota Padang sudah mencapai 344 orang.

ODP adalah orang yang bepergian ke daerah yang terjangkit virus corona namun belum menunjukan sakit.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Padang jumlah ODP terus meningkat.

Pada tanggal 7 Maret 2020 jumlah ODP sebanyak 51 orang, 8 Maret 2020 jumlah ODP bertambah menjadi 56 orang, pada tanggal 9 Maret 2020 jumlah ODP menjadi 86 orang.

Pada 10 Maret 2020 jumlah ODP menjadi 110 orang, 11 Maret 2020 ODP menjadi 140 orang, 12 Maret ODP menjadi 185 orang, 13 Maret menjadi 191 orang.

Pada 14 Maret naik menjadi 213 orang, 15 Maret bertambah menjadi 229 orang, 16 Maret bertambah menjadi 241 orang dan pada 17 Maret meningkat menjadi 344 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com