Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Maluku Tengah: Ini Sangat Berat karena Dampaknya ke Perekonomian Warga, tapi...

Kompas.com - 22/03/2020, 09:23 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Bupati Maluku Tengah Tausikal Abua mengatakan, sudah memerintahkan kepala Dinas Pariwisata untuk menutup sementara lokasi-lokasi wisata yang ada di wilayah itu, termasuk Pantai Ora dan Pulau Banda.

Abua mengaku, langkah dirinya menutup sejumlah lokasi wisata di wilayah itu merupakan langkah yang sangat sulit dilakukan karena berdampak pada perekonomian warga.

“Ini sangat berat karena dampaknya juga pasti ada untuk perekonomian warga, tapi demi kebaikan kita semua, lokasi-lokasi wisata harus ditutup sementara,” kata Abua kepada Kompas.com via telepon seluler, Sabtu (21/3/2020) malam.

Baca juga: Bupati Perintahkan Dinas Pariwisata Tutup Pantai Ora dan Pulau Banda

Kebijakan itu diambil demi mencegah penyebaran virus corona di wilayah tersebut yang saat ini tengah mewabah di seluruh wilayah Indonesia.

Masih dikatakan Abua, penutupan lokasi-lokasi wisata di Maluku Tengah itu hanya bersifat sementara, ketika situasi mulai dapat dikendalikan, maka akses turis asing ke lokasi wisata di wilayah itu akan kembali dibuka.

Baca juga: 4 Turis Asing yang Mau Berlibur ke Pulau Banda Ditolak Warga, Dilarang Turun Kapal

Dia berharap para pelaku pariwisata dapat memaklumi kebijakan yang diambil pemerintah daerah tersebut.

“Jadi, ini sifatnya sementara saja, kami mempertimbangkan kondisi saat ini, nanti juga dibuka kembali jika kondisinya membaik. Jadi, kepada masyarakat dan pelaku wisata kami harap dapat memakluminya,” katanya.

 

(Penulis : Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor : Robertus Belarminus)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com