Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Tutup Semua Destinasi Wisata di NTT untuk Cegah Corona

Kompas.com - 22/03/2020, 07:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menunda pelaksanaan festival pariwisata dan menutup seluruh destinasi wisata yang ada di Provinsi NTT.

"Ya benar, Bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengirim surat kepada seluruh Bupati di NTT dan Wali Kota Kupang untuk menunda sementara pelaksanaan festival pariwisata dan menutup seluruh destinasi wisata,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Sabtu (21/3/2020).

Tujuan kebijakan Viktor itu, lanjut Marius, untuk mencegah meluasnya wabah Covid-19.

Baca juga: 4 Turis Asing yang Mau Berlibur ke Pulau Banda Ditolak Warga, Dilarang Turun Kapal

Menurut Marius, salah satu cara dan upaya yang dilakukan adalah dengan social distancing, yang pada hakikatnya adalah mengisolasi diri dari kerumunan orang atau massa dalam jumlah yang banyak.

Marius menyebut, penundaan pelaksanaan festival pariwisata yang telah terjadwal sebelumnya pada tahun 2020 ini.

“Untuk sementara kita tunda dulu pelaksanaan festival pariwisata yang akan dilaksanakan pada bulan Maret hingga Mei 2020 sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” ucap dia.

Sedangkan penutupan seluruh obyek wisata, kata Marius, diberlakukan hingga 29 Mei 2020 mendatang.

“Kalau untuk seluruh obyek wisata di wilayah NTT untuk sementara agar tidak dikunjungi oleh wisatawan sampai tanggal 29 Mei 2020," kata Marius.

Baca juga: Bupati Perintahkan Dinas Pariwisata Tutup Pantai Ora dan Pulau Banda

"Hal ini juga sesuai Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia,” ujar Marius.

Untuk diketahui, hingga Jumat (20/3/2020) malam, orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Provinsi NTT berjumlah 92.

“Kota Kupang 34 orang, Lembata 2 orang, Manggarai Barat 8 orang, Sikka 26 orang, TTS 3 orang, Manggarai Timur 1 orang, Flores Timur 4 orang, Malaka 1 orang, Alor 1 orang, Sumba Timur 2 orang, Belu 1 orang dan Sumba Barat Daya 7 orang,” ujar Kadis Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere, Sabtu siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com