Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Blora: Informasi Dari Mana Kita Menolak Diperiksa Kesehatan

Kompas.com - 21/03/2020, 05:18 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Siswanto angkat bicara menanggapi viralnya video yang memperlihatkan anggotanya menolak untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan usai kunjungan kerja dari Lombok, NTB, pada Kamis (19/3/2020).

Meski sudah terlihat jelas sikap arogansi dan penolakan yang ditunjukkan anggotanya terhadap tim medis dalam video tersebut, ia masih berdalih bahwa informasi tersebut tidak benar.

"Justru saya yang bertanya, informasi dari mana kalau DPRD menolak dites dan diperiksa kesehatannya," ujar Siswanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Tak Terima Diperiksa Kesehatan Usai Kunker dari Lombok, Anggota DPRD Blora: Kita DPR Bukan Anak Gembala

Menurut dia, omongan bernada tinggi yang ditunjukkan oleh anggotanya saat akan dilakukan pemeriksaan kesehatan tersebut tidak bisa dipersepsikan sebagai penolakan.

Sebab, beberapa anggotanya hanya dianggap merasa tidak nyaman ketika akan dilakukan pemeriksaan di keramaian terminal.

Mereka meminta pemeriksaan dilakukan di RSUD Cepu.

"Jadi tidak ada yang menolak. Memang ada yang ingin pemeriksaannya di RSUD, tetapi bukan menolak. Apalagi habis perjalanan jauh, hujan, dan malam sehingga ingin di rumah sakit, " ungkap Siswanto.

Baca juga: Fakta Anggota DPRD Blora Menolak Diperiksa Kesehatan Usai Kunker dari Lombok, Membentak Tim Medis dan Viral di Media Sosial

Bahkan, ia menyebutkan, saat peristiwa yang terjadi di Terminal Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (19/3/2020) malam itu, sebagian besar anggotanya sudah bersedia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Kita sengaja mendatangi di terminal untuk jalani pemeriksaan, justru kita berinisiatif ke sana. Saya orang ke-14 yang sudah dicek kesehatannya, saya ada video dan rekamannya. Kita ketawa-tawa, dicek kondisi suhu badan, disemprot, dan semuanya," kata dia.

Sebelumnya, video yang memperlihatkan aksi tak pantas anggota DPRD Blora tersebut viral di media sosial.

Sebab, usai melakukan kunjungan kerja di Lombok, NTB, mereka menolak dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari DKK Blora.

Bahkan, dalam video tersebut terlihat ada salah seorang anggota DPRD Blora yang membentak tim medis.

"Kamu pejabat enggak? SOP-nya mana? Surat tugasnya mana? Kita DPR, bukan anak gembala. Pakai aturan. Pakai undang-undang," ujar salah seorang anggota DPRD Blora, WR, dengan nada tinggi.

"Perintah dari mana, Pak?" sahut anggota DPRD Blora yang lain.

Padahal, tim medis itu diketahui hanya menjalankan tugasnya untuk mengantisipasi para anggota Dewan tersebut tertular virus corona atau Covid-19.

Penulis : Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com