Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Saat Drone Terbang Usir Corona di Malioboro

Kompas.com - 20/03/2020, 17:03 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran virus corona secara efektif, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyemprot kawasan Malioboro menggunakan drone.

Menurut Koordinator Remote Pilot DIY Kristianus Nugroho Budiantoro, pihaknya menggunakan tiga drone untuk menyemprot kawasan Malioboro.

"Melihat situasi, yang terbang hanya satu dulu untuk trial. Nanti beberapa hari ke depan kita akan melakukan hal yang sama lagi," ujarnya, Jumat (20/3/2020).

Petugas BPBD DIY saat melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di kawasan Malioboro, YogyakartaKOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Petugas BPBD DIY saat melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di kawasan Malioboro, Yogyakarta

Kristianus mengatakan, ketinggian drone untuk penyemprotan di kawasan Malioboro antara empat sampai lima meter.

Pihaknya mengaku ingin terlibat dalam mencegah virus corona di Kota Yogyakarta. 

 

"Kami ingin berperan serta aktif membantu pemerintah daerah dalam upaya menurunkan risiko penyebaran virus corona," pungkasnya.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat di kawasan Maliobiro menjelaskan pentingnya hidup sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat di kawasan Maliobiro menjelaskan pentingnya hidup sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan.

Menurut Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, alasan menggunakan drone karena ada titik-titik yang tak bisa dijangku jika hanya dilakukan penyemprotan secara manual.

"Tentu juga karena drone ini dirasa lebih efektif, lebih mudah baik dari sisi tenaga maupun meratanya penyemprotan. Nanti kita minta teman-teman komunitas ini bisa memanfaatkan drone ini untuk terus menerus (membantu penyemprotan)," tegasnya, Jumat (20/3/2020).

Petugas BPBD DIY saat melakukan penyemprotan disinfektan di Malioboro, YogyakartaKOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Petugas BPBD DIY saat melakukan penyemprotan disinfektan di Malioboro, Yogyakarta

Selain itu, Baskara AJi mengajak seluruh masyarakat di DIY dan komunitas-komunitas untuk bersama-sama melakukan pembersihan di lingkungan sekitar, termasuk dengan menyemprotkan disinfektan.

"Ini kalau bisa kita laksanakan dengan masif dimana-mana dan continue mudah-mudahan DIY menjadi steril dari virus," ujarnya. (Kontributor Yogyakarta: Wijaya Kusuma | Editor: Khairina).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com