Gubernur Sulsel Tinjau Kepulangan Peserta Itjima Dunia ke Daerah Asalnya

Kompas.com - 20/03/2020, 16:59 WIB
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Mas Guntur Laupe meninjau pemulangan peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (20/3/2020). Pemprov SulselGubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Mas Guntur Laupe meninjau pemulangan peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (20/3/2020).

 

MAKASSAR, KOMPAS.com – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Kapolda Sulsel Irjen Polisi Mas Guntur Laupe meninjau kepulangan peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia ke daerah asalnya masing-masing.

Nurdin Abdullah dan Mas Guntur Laupe menemui ratusan peserta Ijtima asal Jawa Barat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (20/3/2020).

Nurdin Abdullah sempat berbincang singkat dan menanyakan kondisi peserta Ijtima asal Jawa Barat itu.  

“Saya sempat berbincang singkat dengan peserta Ijtima sebelum boarding. Saya juga meminta kepada PT Angkasa Pura dan teman-teman airlines supaya mereka bisa kembali ke daerahnya dengan selamat dan baik,” kata Nurdin Abdullah.

Baca juga: Gubernur Sulsel Sebut Peserta Ijtima Dunia 2020 Keliling ke Masjid-masjid

Untuk proses pemulangan, lanjut Nurdin Abdullah, pemerintah berusaha keras melakukan pengelolaan pemulangan dengan baik.

Termasuk penyediaan hotel bagi peserta dari luar negeri yang berjumlah 411 orang, sembari menunggu jadwal pemulangan mereka sesuai dengan tiket pulang masing-masing.

“Makanya ada di hotel yang disiapkan oleh WNA peserta Ijtima, ada juga yang di Asrama Haji untuk WNI peserta ijtima. Sebagian sudah kita kembalikan ke daerah. Pintu masuk di kabupaten/kota hari ini juga dijaga dan diperketat. Kepala daerah juga diminta melakukan hal yang sama. Kita akan cek, apakah suspect atau tidak. Yang intinya, mereka akan mengisolasi dulu sebelum mereka kembali ke keluarga,” tuturnya.

Baca juga: Ijtima Dunia 2020 Resmi Batal, Gubernur Sulsel Sempat Kaget Ribuan Peserta Telah Datang

Nurdin Abdullah menambahkan, setelah penundaan acara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia, pemerintah sekarang melakukan pemulangan dengan kontrol yang baik.

“Sampai hari ini kita terus melakukan pemantauan, sekaligus mengelola tempat-tempat yang ditempati mereka.  Saya berterima kasih ke TNI dan Polri, bagaimana jemaah dunia ini bisa terlayani dengan baik,” tambahnya.

 

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X