Pasien PDP di RSUD Soekardjo Tasikmalaya Malah Jadi Tontonan Warga

Kompas.com - 20/03/2020, 13:27 WIB
Pasien PDP virus corona di RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya malah dijadikan tontonan warga saat akan dipindahkan oleh tim medis berpakaian hazmat lengkap, Jumat (20/3/2020) pagi. KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAPasien PDP virus corona di RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya malah dijadikan tontonan warga saat akan dipindahkan oleh tim medis berpakaian hazmat lengkap, Jumat (20/3/2020) pagi.

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dua orang pasien dalam perawatan (PDP) virus corona di RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, malah dijadikan tontonan puluhan warga saat hendak menuju ruang isolasi khusus pada Jumat (20/3/2020) pagi.

Warga dengan sengaja mendekati dan mengabadikan dua pasien PDP tersebut melalui ponselnya.

Hal itu terjadi saat pasien dibawa tim medis yang berpakaian tertutup dengan masker.

Baca juga: Penjelasan Dinkes soal Seminar di Bogor yang Diduga Jadi Lokasi Penyebaran Covid-19

Warga seolah-olah tidak takut mendekati pasien PDP corona itu tanpa alat pelindung diri.

Mereka hanya terlihat menutup mulut dan hidungnya memakai kedua tangan saat menonton pemindahan pasien PDP virus corona tersebut.

"Ini pasien corona, lihat itu dibawa pakai pakaian seperti itu," kata salah seorang warga.

Ruang isolasi virus corona di RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya sendiri tepat berada di samping ruang instalasi gawat darurat (IGD) yang selalu dipenuhi keluarga pasien selama ini.

Mereka pun merasa penasaran dan tak khawatir untuk mendekati pasien.

Video pemindahan dua PDP ke ruang isolasi itu pun cepat beredar di media sosial.

"Ini masalah edukasi yang terus kita optimalkan kepada masyarakat. Padahal itu kan tenaga medisnya sendiri pakai alat pelindung diri lengkap. Kita akan lebih tekankan sosialisasinya kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat.

Baca juga: Satu Pasien Positif Covid-19 di Batam Juga Pernah Ikut Seminar GPIB di Bogor

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X