Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pasien Positif Covid-19 di Sulsel, Dinkes Isolasi Keluarga

Kompas.com - 20/03/2020, 07:28 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mengakui telah melakukan tracing kepada keluarga dan orang-orang terdekat dua pasien positif virus corona kasus 285 dan 286 di Sulawesi Selatan. 

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, setelah hasil uji laboratorium pasien kasus 285 dan 286 keluar Kamis (19/3/2020) sore, pihaknya langsung mengisolasi keluarga. 

Khusus untuk pasien kasus 285, Dinkes Sulsel masih melakukan tracing sementara untuk pasien kasus 286 keluarganya sudah diisolasi.

"Kita sudah mulai mengisolasi keluarga dan kita terus melacak dengan siapa saja mereka bersentuhan dan dengan siapa saja mereka bertemu," kata Nurdin Abdullah saat konferensi pers di kediaman pribadinya di Kecamatan Tamalanrea Makassar, Kamis malam. 

Baca juga: Kondisi Satu Pasien Positif Covid-19 di Makassar Membaik

Nurdin menyebut pasien kasus 286 tersebut masih diisolasi di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar sejak beberapa hari yang lalu. 

Sementara, untuk pasien kasus 285, kata Nurdin, pihaknya tidak sempat melakukan isolasi dan baru diketahui terserang virus corona usai meninggal pada 15 Maret 2020.

"Mereka 2 (pasien) ini memperlihatkan fenomena yang berbeda. Satu meninggal sebelum tahu hasilnya kena apa, yang satu sudah sehat baru hasilnya datang," ujar Nurdin. 

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Ichsan Mustari mengatakan bahwa pasien kasus 285 meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Makassar. 

Ichsan mengatakan, pasien tersebut berangkat ke Arab Saudi untuk umrah pada tanggal 25 Februari 2020 dan tiba pada 3 Maret 2020. 

Pasien tersebut masuk ke rumah sakit seminggu setelah pulang dari umrah. 

"Rumah sakit telah melakukan tracing dengan keluarganya atau orang terdekatnya nanti dilakukan pemeriksaan," kata Ichsan. 

Baca juga: Satu Peserta Ijtima Dunia yang Alami Demam Diobservasi di RSUD Haji Makassar

Ichsan membenarkan untuk keluarga pasien positif virus corona sementara masih dilakukan karantina di kediamannya di Makassar. 

"Nanti kita lihat teknis isolasi apakah di rumah atau di rumah sakit kalau dia batuk tentu bisa jadi ODP," tutur Ichsan.

Sebelumnya diberitakan dua warga Sulawesi Selatan dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19, Kamis (19/3/2020).

Dua warga tersebut dirawat di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan kedua pasien tersebut merupakan penderita Covid-19 nomor 285 dan 286.

Pasien nomor 285 telah dinyatakan meninggal pada Minggu (15/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com