Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Covid-19 Melalui Website Buatan Dokter Lulusan London

Kompas.com - 19/03/2020, 15:14 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan laman untuk mendeteksi diri dari wabah virus corona di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (18/3/2020).

Laman tersebut bernama checkupcovid19.jatimprov.go.id.

Website ini bisa diakses dari ponsel maupun komputer.

"Dari laman ini bisa memeriksa diri kita sendiri, apakah terkena virus Covid-19 atau tidak," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di sela peluncuran laman tersebut, Rabu.

Baca juga: Pemprov Jatim Miliki Peta Sebaran Covid-19, tapi Tak Akan Dibuka ke Publik

Dengan adanya laman tersebut, kata dia, diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan, sehingga masyarakat tak perlu berbondong-bondong ke rumah sakit untuk memastikan terkena virus corona atau tidak.

"Di laman itu ada pertanyaan dan jawaban yang diakhiri dengan kesimpulan. Dari situ dapat mendeteksi diri kita. Kalau kesimpulannya baik maka tidak perlu khawatir, tapi kalau kesimpulannya harus mendapat penanganan maka ada call center yang 24 jam siap dihubungi untuk membantu," katanya.

Khofifah yang juga masih menjabat Ketua umum PP Muslimat NU itu mengatakan, teknologi tersebut merupakan yang pertama dan diharapkan ke depannya akan terkoneksi dengan pusat maupun provinsi lain.

Website itu dibuat oleh dr Makhyan Jibril Al Farabi, yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, dan University College London itu.

Baca juga: Pemprov Jatim Buka Posko Layanan Informasi Virus Corona 24 Jam di Grahadi

Operasional laman tidak sulit karena bisa diakses dari mana saja, termasuk dari dalam maupun luar negeri.

"Bagi masyarakat yang ragu-ragu terkena virus atau tidak, silakan dibuka lamannya dan lakukan pemeriksaan mandiri," ujar Makhyan Jibril Al Farabi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com