Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien ODP Corona di Tasikmalaya 22 Orang dan 7 Orang Telah Sembuh

Kompas.com - 18/03/2020, 15:21 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 22 orang dalam pemantauan (ODP) virus corona terdapat di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya sampai hari ini Rabu (18/3/2020) siang.

Tercatat sebanyak 19 ODP pernah dirawat di rumah sakit dan puskesmas wilayah Kota Tasikmalaya serta 3 ODP dirawat di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu, sebanyak 7 orang yang pernah berstatus ODP di wilayah Kota Tasikmalaya dinyatakan telah sembuh dan dikembalikan ke rumahnya masing-masing.

"Warga Kota Tasikmalaya tercatat hanya ada 14 orang ODP, 5 orang ODP warga Kabupaten Tasikmalaya tapi pernah dirawat di puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Tasikmalaya, tapi kita sudah serahkan. Sementara itu, 7 orang sebelumnya ODP telah sembuh dan dipulangkan ke rumahnya masing-masing," jelas Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan kepada wartawan, Rabu (18/3/2020).

Update : Kompas.com menggalang dana untuk merespon pencegahan penyebaran COVID-19. Penggalangan donasi melalui kitabisa.com dan disalurkan untuk penyediaan APD baik yang di Rumah Sakit atau di ruang publik. Dengan cara klik di sini.

Baca juga: Cerita Poltekkes Tasikmalaya Produksi Ratusan Hand Sanitizer Tiap Hari, Dibagikan Gratis ke Masyarakat

Sampai hari ini, tambah Ivan, belum ada peningkatan status ODP virus corona ke pasien dalam pengawasan (PDP) di wilayah Kota Tasikmalaya.

Pihaknya pun mengklaim sampai hari ini, wilayah Kota Tasikmalaya masih terbebas dari pandemi virus corona.

"Sampai hari ini tidak ada peningkatan status ke PDP satu orang pun. Kota Tasikmalaya masih berstatus ODP. Kita semua sangat tidak berharap ada peningkatan ODP ke PDP," tambah Ivan.

Pemerintah Kota Tasikmalaya sampai hari ini masih menetapkan status siaga darurat bencana non alam penyebaran virus corona.

Setiap harinya, lanjut Ivan, pihaknya terus menyampaikan laporan perkembangan status merebaknya virus corona ke Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat.

"Sangat penting adalah tentang perilaku masyarakat harus mendukung segala upaya pemerintah memerangi virus corona. Kita akan lihat perkembangan petunjuk yang diberikan pemerintah pusat. Tiap hari kita sampaikan perkembangan ke gubernur. Tasikmalaya dalam kondisi ODP," tambahnya.

Ivan tak membantah jumlah ODP di Kota Tasikmalaya akan terus bertambah.

Namun, perlu dipahami masyarakat bahwa status ODP bukan berarti suspect atau bahkan terjangkit virus corona.

"Masyarakat harus tahu kalau ODP itu bukan suspect corona. Nah, kalau sudah statusnya PDP itu baru suspect. Jadi ini istilahnya saja, ODP, PDP, baru positif corona. Nah, di Kota Tasikmalaya statusnya ODP," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Mohammad Zein menyatakan, sebanyal tiga pasien ODP tercatat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya sampai Selasa (17/3/2020) kemarin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com