Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Negatif Corona Masih Diisolasi di RSUP Kandou Manado

Kompas.com - 17/03/2020, 18:20 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Satu pasien negatif virus corona masih diisolasi di RSUP Kandou Manado, Sulawesi Utara.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Steven Dandel mengatakan, pasien ini memiliki riwayat penyakit gagal ginjal dan diabetes melitus.

"Pasien tersebut juga menderita gagal ginjal dan diabetes melitus. Justru penyakit ini yang ditanggulangi bersama tenaga medis di RSUP Kandou saat ini," ujarnya saat konferensi pers di kantor Dinas Kesehatan Daerah Sulut, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Dirawat di Ruang Isolasi RSMH Palembang, 3 Orang Ditetapkan PDP Corona

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulut ini menjelaskan, konsen Satgas Covid-19 Sulut dan dokter penanggungjawab tenaga medis di RSUP Kandou merawat penyakit pasien tersebut.

"Itu yang lagi diupayakan sebaik mungkin. Kita berupaya supaya yang bersangkutan bisa mendapatkan perawatan maksimal," ucapnya.

Menurutnya, pasien yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 bukan berarti yang bersangkutan sudah pasti sembuh.

Pasalnya, ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus diikuti oleh tim medis di rumah sakit untuk menyatakan pasien telah sembuh dari Covid-19.

"Salah satunya, masih ada serial pemeriksaan lagi, sudah diambil sampel tahap tiga, juga sudah dikirim. Jadi kita tinggal tunggu hasilnya," kata dia.

Baca juga: Mahasiswa Asal Polman yang Berkuliah di Depok Jadi Suspect Corona

Dia menambahkan, butuh beberapa serangkaian pemeriksaan untuk menetapkan pasien negatif corona.

"Harus kita pahami, virus itu sebagian besar adalah penyakit yang sembuh sendiri. Istilahnya self limiting disease. Dengan perawatan yang baik maka virus akan hilang dalam tubuh," katanya.

Sebelumnya ia menjelaskan, pasien yang dikonfirmasi positif corona itu berdasarkan hasil sampel pertama.

"Sampel pertama diambil pada Senin (9/3/2020) diterima hasil hari Jumat (13/3/2020) hasilnya positif. Kemudian, sampel kedua diambil Selasa (10/3/2020) dan hasil yang didapat Sabtu (14/3/2020) negatif. Artinya pada pengambilan sampel kedua di tubuh pasien tidak ditemukan lagi virus corona," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com