Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jawa Barat Akan Periksa Kesehatan Seluruh Warga, Termasuk yang Sehat

Kompas.com - 14/03/2020, 18:46 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh warga di Jawa Barat.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pemeriksaan kesehatan akan dikoordinasikan dengan seluruh bupati dan walikota se-Jawa Barat.

"Jadi langkah antisipasinya, tidak hanya warga yang diduga terinfeksi virus corona, tapi warga yang sehat pun harus diperiksa kesehatannya," kata Ridwan Kamil kepada sejumlah wartawan usai meresmikan Alun-alun Sumedang, Sabtu (14/3/2020) petang.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Pemerintah Pusat Beri Informasi soal Pasien Positif Corona

Pria yang akrab disapa Emil itu menuturkan, pemeriksaan kesehatan kepada seluruh warga Jawa Barat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyebaran virus corona di Jawa Barat.

"Jadi bisa diketahui penyebarannya sejauh mana, bisa saja warga yang sehat itu positif. Kalau dites kesehatan kan bisa dipastikan kesehatannya," tutur Emil.

Emil menyebutkan, per hari ini, pemeriksaan juga dilakukan kepada seluruh tenaga kerja asing (TKA) di seluruh wilayah Jawa Barat.

"Per hari ini dilakukan tes kepada TKA. Jadi tidak nunggu orang sakit, kita akan tes juga orang-orang yang terlihat sehat," sebut Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Mulai Batasi Berjabat Tangan dan Cipika-cipiki

Ditanya soal pembatasan aktivitas di ruang publik seperti yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, Emil menyebutkan hal ini perlu dikoordinasikan dengan wali kota dan bupati.

"Ini perlu dikoordinasikan dengan wali kota dan bupati. Yang pasti, dalam waktu dekat, Pemrov Jawa Barat akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada orang yang sehat," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com