Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawat Pasien Positif Corona, 20 Anggota Tim Medis RSUD Moewardi Solo Diliburkan 14 Hari

Kompas.com - 13/03/2020, 23:56 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua tenaga medis yang melakukan perawatan terhadap pasien positif virus corona yang meninggal di RSUD Moewardi Surakarta untuk diliburkan selama 14 hari ke depan.

"Tenaga medis di RS Moewardi kita lakukan sesuai protap, yang kontak kita liburkan dan kasih vitamin. Sehari ada 15 sampai 20 tenaga medis mereka libur sampai 14 hari," kata Ganjar saat konferensi pers di Puri Gedeh, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, Ganjar juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Surakarta untuk melakukan tracking, dengan siapa saja pasien tersebut pernah kontak termasuk mengisolasi keluarga pasien dan tempat tinggalnya.

Baca juga: Antisipasi Corona, Rektor UAD Keluarkan Surat Tunda Wisuda Maret 2020

Terlebih, lanjut Ganjar, pasien juga pernah periksa di dua rumah sakit di Surakarta.

"Kita langsung tracking dan isolasi tempat tinggal, kemudian keluarganya juga diperiksa oleh pakar-pakar dan Dinas Kesehatan. Kita harap masyarakat koordinasi siapa tahu ada yang berhubungan, segera lapor ke RS, Puskesmas," katanya.

Baca juga: Kontak dengan Pasien Positif Corona di Solo, 62 Orang Karantina Mandiri

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, keluarga pasien sedang menjalani pemeriksaan dan isolasi hingga 14 hari ke depan.

"Isolasinya akan diawasi ketat sama petugas Puskesmas dan dinas setempat. Aktivitas mereka kita pantau secara khusus untuk menelusuri kasus penularan pasien itu sejauh apa dampaknya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com