Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona, Areal Bandara Sam Ratulangi Disemprot Cairan Disinfektan

Kompas.com - 13/03/2020, 15:57 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com- PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado melakukan pembersihan melalui penyemprotan cairan disinfektan menyeluruh di area bandara, Jumat (13/3/2020).

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengatakan penyemprotan disinfektan untuk membantu pemerintah menanggulangi penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Utara.

"Fasilitas yang dibersihkan dan disemprotkan desinfektan seperti trolley, seluruh bangku di terminal, kids zone, reading corner, nursery room, internet corner, handgrip eskalator, tombol lift, toilet, dan area-area yang menjadi titik kumpul para pengguna jasa," ujar Minggus.

Baca juga: Tunggu Hasil Pemeriksaan, 2 Pasien Masih Diisolasi di RSUP Prof Kandouw Manado

Menurut dia, langkah ini juga sejalan dengan instruksi Direksi Angkasa Pura I dalam meningkatkan pengawasan dan upaya pencegahan penyebaran virus corona di area bandara khususnya di Bandara Sam Ratulangi Manado.

"Hari ini kami kembali melakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap fasilitas, perlengkapan ataupun peralatan yang digunakan bersama yang rencananya akan dilakukan secara berkala dengan melibatkan unsur TNI/Polri,” ujar Minggus.

Selain itu, lanjut Minggus, sejak minggu ini Bandara Sam Ratulangi mulai memberlakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermal kepada para penumpang domestik.

"Jika penumpang domestik tersebut memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius maka oleh KKP akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam," jelasnya.

Baca juga: Sampel Dua Pasien yang Diisolasi di Manado Dikirim ke Jakarta

Selain penumpang, secara rutin manajemen Bandara Sam Ratulangi Manado melalui unit Safety Management System and Occupational Safety Health juga melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan dan karyawati khususnya yang bertugas sebagai Avsec atau operasional kesehariannya bersentuhan langsung dengan para penumpang di bandara.

"Melalui pengecekan suhu tubuh, Bandara Sam Ratulangi juga telah menyediakan cairan pembersih tangan antiseptik di lokasi-lokasi yang merupakan fasilitas bersama seperti areal check in, ruang tunggu, tenant bandara, dan area pengambilan bagasi penumpang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com