KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Rayakan HUT Kota Semarang ke-473, Wali Kota Hendi Beberkan PR yang Dihadapi

Kompas.com - 13/03/2020, 09:33 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-473 Kota Semarang, Kamis (12/3/2020), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang biasa disapa Hendi mengatakan, masih terdapat beberapa Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan bersama.

PR pertama adalah pengentasan kemiskinan. Hendi mengatakan meski angkanya terus turun dari tahun ke tahun, jika dihitung secara keseluruhan, kemiskinan di Kota Semarang masih cukup besar, yaitu mencapai 70.000 jiwa.

“Mungkin di antara 70.000 jiwa itu ada saudara kita, sehingga kita bisa menyisihkan sebagian rezeki untuk mereka yang membutuhkan,” kata Hendi, seperti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/3/2020)

Selain pengentasan kemiskinan, permasalahan sampah juga masih menjadi PR. Bahkan gara-gara sampah tiga dari lima pompa untuk menangani banjir macet karena tersumbat sampah.

Baca juga: Cegah Banjir Semarang, Kementerian PUPR Segera Ganti 5 Pompa Air

Terkait hal tersebut, Hendi pun mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan, dan merawat fasilitas umum dengan baik.

Meski masih ada PR, Hendi mengatakan, sejauh ini Kota Semarang telah berhasil menorehkan berbagai prestasi.

“Salah satunya sebagai Kota Pariwisata Terbersih di Asia Tenggara. Capaian tersebut diperoleh karena masyarakat Kota Semarang kompak, guyub, dan berkomitmen menjaga kekondusifan Kota Semarang,” kata Hendi.

Baca juga: Semarang, Kota Wisata Terbersih di ASEAN

Selain itu, Kota Semarang, kata dia, juga berhasil mengurangi luas wilayah banjir yang sebelumnya mencapai 41 persen, menjadi 11 persen. Jumlah jalan rusak yang tadinya mencapai 54 persen, berkurang pula menjadi 5 persen.

Mengangkat tema Satu Tekad Wujudkan Semarang Semakin Hebat, rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-473 Kota Semarang berlangsung meriah. Pembukaan ditandai pelepasan 473 burung merpati.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama, pembagian door prize, pertandingan futsal, lomba senam denok, dan penampilan cheerleaders dari berbagai sekolah.

Selain itu, diadakan juga lomba gobag sodor, Wayang Orang Putri Extravaganza, Semarang Great Sale, ziarah ke makam Sunan Tembayat, bakti sosial, dugderan, dan resepsi.

Baca juga: Hadapi Penyebaran Virus Corona, Pemkot Semarang Fokus Datangkan Wisatawan Lokal

Tak lupa, pada kesempatan tersebut Hendi mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari virus corona.

“Buat ibu-ibu, tidak perlu diet, yang penting sehat,” kata Hendi.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com