KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Pilwalkot Semarang 2020, Empat Partai Nyatakan Dukung Hendi-Ita

Kompas.com - 12/03/2020, 12:44 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Empat partai non-parlemen menyatakan akan mendukung pasangan petahana Hendi-Ita dalam Pilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang yang akan digelar Selasa (16/6/2020).

Keempat partai itu adalah Hanura, PBB, PKPI, dan Berkarya. Sebelumnya, PPP menyatakan akan mendukung Hendi sebagai warga Nahdiyin.

Kepastian dukungan keempat partai tersebut didapat usai masing-masing ketua pengurus partai tingkat Kota Semarang mengadakan audiensi dengan Hendrar Prihadi (Hendi), Rabu (11/3/2020).

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua Hanura Kota Semarang Hono Sejati, Ketua Partai Berkarya Kota Semarang Eko Teguh Winarto, Ketua PBB Kota Semarang Rully, dan Ketua PKPI Kota Semarang Joko Sumardi.

Baca juga: Macet Jadi Masalah Baru Kota Semarang, Hendi Minta Bantuan Ganjar

Menurut mereka, pertemuan itu dilakukan dalam rangka silaturahim, sekaligus mengapresiasi perkembangan Kota Semarang saat ini.

Apresiasi tersebut juga sejalan dengan dukungan yang akan diberikan kepada Hendi untuk dapat melanjutkan pembangunan ke depan.

“Meski kami tidak memiliki perwakilan kursi di parlemen, kami sepakat mendukung Mas Hendi untuk semarang makin Hebat," kata Eko dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, dukungan empat partai tersebut tak hanya memastikan Hendi-Ita akan diusung delapan partai di Parlemen. Praktis dari seluruh peserta pemilu 2019, tinggal PKS, Perindo, dan Partai Garuda.

Baca juga: 7 Partai Sepakat Usung Hendi-Ita pada Pilwalkot Semarang 2020

Artinya jika melihat hasil raihan pemilu 2019, total 13 partai politik yang mengusung Hendi-Ita sudah mengantongi 89,3 persen suara.

Sementara itu, total suara pemilih dari PKS, Perindo, dan Partai Garuda hanya sebesar 10,7 persen saja.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com