Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan Kesehatan Penumpang Kapal Pesiar Australia Selesai, Hasilnya Negatif Corona

Kompas.com - 11/03/2020, 20:03 WIB
Himawan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar telah memeriksa kesehatan terhadap penumpang dan kru kapal pesiar berbendera Australia MS Coral Adventurer yang hendak berlabuh di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/3/2020).

Kepala KKP Makassar Darmawali Handoko mengatakan, dari hasil pemeriksaan seluruh penumpang dan kru kapal dinyatakan negatif virus corona.

"Hasil pemeriksaan terhadap 34 awak kapal dan 44 penumpang, semua tidak demam dan tidak ada gejala penyakit," kata Darmawali kepada Kompas.com.

Baca juga: Sempat Ditolak Berlabuh, Kapal Pesiar Australia Diperiksa di Laut Makassar

Menurut Darmawali, hasil Maritime Declaration of Health (MDH) yang ditandatangani oleh kapten kapal juga menyebutkan, tidak ada penumpang yang sakit dalam perjalanan.

Darmawali menambahkan, persediaan obat-obatan di kapal itu juga sangat lengkap sesuai dengan rekomendasi International Maritim Organization (IMO).

"Di kapal ada dokter dan pemeriksaan persediaan obat sesuai dengan IMO. Pemeriksaan sanitasi juga hasilnya baik," tuturnya.

Pemeriksaan, kata dia, berlangsung cukup lama dikarenakan letak kapal berjarak 2 mil dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Baca juga: Pemkot Surabaya Kembali Tolak Kapal Pesiar Berlabuh, Cegah Virus Corona

Dari hasil pemeriksaan, kapal tersebut diperbolehkan bersandar di Makassar.

Sebelumnya diberitakan Kapal pesiar berbendera Australia MS Coral Adventurer yang memuat wisatawan asing ditolak saat hendak berlabuh di pelabuhan Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (10/3/2020).

Kini, kapal yang mengangkut 44 wisatawan dan 34 kru kapal itu memutuskan untuk berlabuh di Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com