Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.572 Warga Tembagapura yang Mengungsi Diantar ke Keluarganya

Kompas.com - 11/03/2020, 07:01 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - 1.572 warga Distrik Tembagapura yang mengungsi di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, telah diantarkan ke keluarganya masing-masing.

"Sejak Selasa (10/3/2020), warga Tembagapura yang telah berada di Kota Timika saat ini sudah tinggal bersama keluarganya masing-masing yakni di SP 2, SP3, Irigasi, Jayanti, Kwamki Narama, Utikini dan Jalan Baru Timika," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, melalui rilis, Rabu (11/3/2020).

Baca juga: Pelajar asal Tembagapura yang Mengungsi ke Timika Dapat Ikuti UN

Proses pengantaran para pengungsi dipimpin oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Mimika Sihol Parningotan dan diikuti oleh sekitar 100 personel yang terdiri dari pihak pemerintah daerah, TNI dan Polri.

Mereka diantar menggunakan 16 unit bus milik pemda dan TNI.

Setelah diantar ke keluargamya masing-masing, diharapkan warga Tembagapura dapat lebih tenang melakukan aktivitasnya.

Sementara, aparat gabungan TNI/Polri terus berusaha mengatasi masalah kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang membuat warga Tembagapura mengungsi.

Baca juga: Ribuan Warga Tembagapura Mengungsi, Dinas Pendidikan Data Calon Peserta UN SMA

"Aparat TNI-Polri dan pemerintah daerah serta para tokoh akan terus bersama-sama bersinergi memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat, sehingga mereka dapat beraktivitas dengan nyaman dan tidak merasa takut atas kehadiran kelompok-kelompok yang telah meresahkan selama berada di Distrik Tembagapura," kata Kamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com