Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

38 Pasien Suspect Corona di Jateng, 6 Masih Diisolasi di Rumah Sakit

Kompas.com - 10/03/2020, 23:21 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah menyebut, dari total 38 pasien dalam pengawasan (PDP) di wilayah Jateng, terdapat enam pasien yang dirawat di ruang isolasi di rumah sakit karena diduga mengalami gejala virus corona.

"Jumlah PDP atau suspect corona di Jateng masih merawat 6 orang. Namun belum tentu covid 19 hanya ada gejala dan diduga punya riwayat kontak dengan pasien corona. Tapi kondisinya saat ini relatif baik," jelas Kepala Dinkes Jateng, Yulianto saat konferensi pers di kantornya, Selasa (10/3/2020).

Yulianto mengatakan, enam pasien suspect virus corona tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi di rumah sakit di Jateng.

Baca juga: 15 Orang di Sumsel Dipantau Terkait Corona, 6 Warga Taiwan

"Mereka dirawat di RSUD Moewardi Surakarta ada 2 orang, RSUD Margono Purwokerto ada 1 pasien. Lalu di RSUD Soewondo Kendal ada 1 orang, RSUD Banyumas 1 orang, RSUD Kardinah Tegal 1 orang," katanya.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) di Jateng, kata dia, sejauh ini terdapat empat orang mahasiswa dari Banyumas. Kemudian bertambah 10 mahasiswa lagi yang sudah dipantau selama 14 hari.

"ODP sudah kita lakukan pemantauan selama 14 hari namun tidak ada satupun yang sakit. Semuanya sehat," ujarnya.

Yulianto mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik terhadap penyebaran virus corona di Indonesia. Maka pihaknya mengajak masyarakat untuk tenang namun waspada.

"Kita tidak boleh panik, karena kepanikan justru malah memakan korban. Akibat panik korbannya malah jauh lebih banyak. Masyarakat bisa mencegah dengan cara melindungi diri memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan cairan antiseptik," ujarnya.

Baca juga: Negatif Corona, Satu Pasien di Riau Segera Dipulangkan

Selain itu, Pemprov Jateng juga telah menunjuk sebanyak 13 rumah sakit di Jateng sebagai rujukan jika terdapat pasien dengan gejala virus corona.

Rumah sakit rujukan tersebut antara lain RSUP Kariadi Semarang, RS Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD Soeselo Kabupaten Tegal, RSUD Soewondo Kendal, RSUD Tidar Magelang, RSUD Moewardi Surakarta, RSUD Banyumas, RSUD Loekmonohadi Kudus, RS Paru Ario Wirawan Salatiga, RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang, dan RSUD Kardinah Tegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com