Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Viking Sun Dipastikan Batal Berlabuh di Lombok

Kompas.com - 09/03/2020, 12:43 WIB
Idham Khalid,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Kapal Pesiar Viking Sun yang sempat ditolak di Semarang dan beberapa daerah lain karena ada dugaan riwayat perjalanan ke daerah yang terpapar virus corona akhirnya dipastikan tidak bersandar di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Bayu Windia menyampaikan, kapal Viking Sun tidak berlabuh di Pelabuhan Gili Mas Lombok, dan langsung bertolak ke luar Negeri.

"Untuk yang Viking Sun tidak jadi ke sini, dan positif dia balik ke Srilanka," kata Bayu, saat ditemui di Pelabuhan Kapal Pesiar Gili Mas, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Akhirnya, Kapal Pesiar Viking Sun Berlabuh di Bali, Ini Fakta Lengkapnya

Bayu mengatakan, tidak mengetahui alasan dari pihak Kapal Viking Sun tidak jadi berlabuh ke Lombok.

"Untuk alasannya, kami tidak tahu pihak kapalnya, mungkin dari hasil perundingannya karena banyak yang menolak," kata Bayu.

Meskipun Viking Sun tidak jadi berlabuh, namun kapal pesiar lainnya tetap diterima berlabuh di Lombok, asalkan memenuhi standar operasional prosedur penanganan kesehatan dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP).

Baca juga: Dikunjungi Penumpang Kapal Viking Sun, Pasar Badung Disemprot Cairan Disinfektan

"Kita tidak perlu panik, paranoid, kita ini daerah Wisata, kita yang mengundang untuk mengunjungi tempat kita, kok tiba-tiba ditolak, kita tetap sesuai dengan SOP yang ada baik dari KKP, pihak pelabuhan, tidak asal-asalan," kata Bayu.

Adapun jadwal kapal pesiar yang akan berlabuh di Lombok dalam sepekan ini yakni Kapal Albatros, Columbus, dan termasuk Viking Sun yang batal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com