Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Solo Yakin Achmad Purnomo dapat Rekomendasi DPP

Kompas.com - 08/03/2020, 21:22 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyampaikan kepada satgas dan pengurus partai tidak perlu takut bicara Achmad Purnomo-Teguh Prakosa menang di Pilkada Solo 2020.

"Proses penjaringan dan penyaringan Purnomo-Teguh merupakan keputusan yang dibuat anak ranting, ranting, PAC dan DPC partai. Jadi, kalau kita bicara Purnomo-Teguh pasti menang ning nyambut gawe itu enggak salah. Karena proses sudah kita lalui," kata Rudy di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: Gibran: Yang Penting Pilkada Solo Dinamis, Meriah, dan Sukacita

Menurut dia, proses penjaringan dan penyaringan Purnomo-Teguh sesuai peraturan partai (PP) Nomor 24 Tahun 2017.

Peraturan itu, lanjutnya, mengamanatkan melalui Pasal 9, 10 dan 11 bahwa DPC yang memperoleh suara pileg mencapai di atas 25 persen, maka menggunakan sistem atau mekanisme rekrutmen dan seleksi penjaringan tertutup.

"Sehingga kami sangat berharap ketika ketua umum yang diberi hak untuk memberikan keputusan (diberi hak prerogatif oleh kongres), itulah yang nantinya kita laksanakan," katanya.

Dirinya juga menyampaikan kepada satgas dan pengurus partai tidak perlu khawatir ketika berbicara tentang dukungan terhadap Purnomo-Teguh disingkirkan.

"Untuk itu teman-teman satgas, pengurus partai tidak perlu khawatir kalau nanti sudah bicara Purnomo-Teguh disingkarkan. Tidak ada itu," terang dia.

Baca juga: Achmad Purnomo Yakin Dapat Rekomendasi PDI-P di Pilkada Solo 2020

Diketahui, Purnomo-Teguh merupakan bacalon wali kota dan wakil wali kota Surakarta yang diusung DPC PDI-P Kota Surakarta hasil penjaringan tertutup.

Di sisi lain putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka juga mencalonkan wali kota Surakarta melalui DPD PDI-P Jateng.

Nasib Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo akan ditentukan pada Maret 2020.

Hal ini karena Solo tidak masuk dalam periode pertama pengumuman rekomendasi dari DPP PDI-P.

Putra Presiden Joko Widodo tersebut saat ini bersaing dengan Achmad Purnomo untuk mendapatkan rekomendasi untuk maju di Pilkada Solo 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com