Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pasien yang Diisolasi di RSMH Palembang Usai Pulang Umrah Negatif Corona

Kompas.com - 08/03/2020, 19:59 WIB
Aji YK Putra,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan menyatakan dua pasien yang diisolasi usai pulang umrah di RSMH Palembang dinyatakan negatif virus corona.

Kepala Dinkes Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nurainy mengatakan, hal itu diketahui setelah sampel spesimen kedua jemaah umrah asal Sumsel ini diuji laboratorium di Litbangkes Jakarta.

"Keduanya alhamdulillah negatif hasil sampelnya resmi hari ini kita terima," kata Lesty, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: Cegah Virus Corona, Wakil Wali Kota Palembang Bersihkan Tempat Ibadah

Setelah hasil lab tersebut keluar, Dinkes Provinsi Sumatera Selatan akan menyerahkan sepenuhnya kepada tim penyakit infeksi emerging (PIE) Rumah Sakit Muhammad Hoesing (RSMH) Palembang untuk ditindaklanjuti.

"Untuk rincinya seperti apa nanti akan disampaikan oleh pihak RSMH," ujarnya.

Terpisah, Humas RSMH Palembang Ahmad Suhaimi menerangkan, kondisi dua pasien saat ini telah berlangsung membaik.

"Hasil lab tersebut akan ditindaklanjuti oleh tim penyakit infeksi emerging (PIE) untuk kemudian memutuskan apakah nantinya kedua pasien itu akan menjalani perawatan lanjutan atau dipersilahkan pulang. Kedua pasien saat ini kondisinya sudah membaik," ucapnya.

Baca juga: Lagi, Warga Palembang Masuk Ruang Isolasi usai Pulang Umrah

Diberitakan sebelumnya, MHJ (64) di rujuk ke ruang isolasi RSMH Palembang usai menjalani ibadah umrah di Mekkah, Arab Saudi.

Dia dirujuk ke RSMH Palembang, lantaran mengalami batuk, sesak nafas serta demam tinggi ketika tiba di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sekitar pukul 11.20 WIB dengan menggunakan maskapai Lion Air, Selasa (3/3/2020).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang Nur Purwoko Widodo saat dikonfirmasi mengatakan, dari hasil laporan yang diterima, suhu tubuh M lebih dari 38 derajat.

Selain itu, beradasarkan analisa awal M di terindikasi terkena suspect Mers. Mengingat sejauh ini Arab Saudi belum ada kasus penyebaran corona.

"Sampai saat ini Saudi itu belum ada laporan yang menderita corona. Tapi kasus mers juga belum ditutup, kami curiganya mengarah ke suspect mers," kata Nur kepada Kompas.com.

Terbaru, perempuan berusia 77 tahun juga harus menjalani perawatan di ruang isolasi RSMH Palembang, lantaran mengalami batuk dan pilek, usai menjalani ibadah umrah di tanah suci Mekkah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com