Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguyur Hujan Deras, Bahu Jalan Kecamatan di Luwu Ambles Timpa Rumah Warga

Kompas.com - 07/03/2020, 08:53 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.com - Setelah diguyur hujan deras, bahu jalan penghubung antarkecamatan di Desa Marinding, Kecamatan Bajo Barat,  Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Jumat (06/03/2020) ambles dan menimpa bagian dapur rumah warga.

Rumah warga yang tertimpa material, posisinya berada tepat di bawah jalan.

Bahu jalan yang ambles merusak dinding rumah, bahkan material jalan dan tanah masuk ke dalam rumah dan merusak perabot dapur.

Menurut pemilik rumah, Sumarni (52), saat kejadian, dirinya bersama anaknya sedang tidur.

“Kejadiannya sekitar pukul 02.00 WITA dini hari saat hujan deras. Kami sedang tidur tiba-tiba bahu jalan ambles dan talud jalan rubuh lalu menimpa bagian dapur rumah kami,” kata Sumarni saat dikonfirmasi di lokasi, Jumat (06/03/2020).

Baca juga: Oknum Guru SD Diduga Cabuli 11 Siswinya di Luwu Timur, Mengaku Hanya 9

Menurut Sumarni, akibat peristiwa ini ia menderita kerugian material sebab sebagian perabot dan perlengkapan makannya rusak.

“Lemari, piring, gelas dan lainnya pecah akibat material yang menimpa rumah kami, untungnya kami selamat dari musibah ini,’ ucap Sumarni.

Sumarni berharap pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Luwu segera menangani kejadian tersebut.  

Jalan ambles sepanjang 10 meter tersebut mengancam  pengguna jalan dan jika tidak ditangani akan menggerus jalan.  

Dihubungi secara terpisah, Kepala BPBD Luwu, Rahman Mandaria mengatakan pihaknya telah menurunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan asesmen.

“Terkait kejadian ini, anggota kami sudah ke lokasi melakukan asesmen, kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman rakyat (PUPR) terkait jalan yang ambles,” ujar Rahman, melalui sambungan telepon.

Baca juga: Luwu Utara Jadi Daerah Pertama di Tana Luwu yang Beri Guru Non ASN BPJS Ketenagakerjaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com