Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masker Kian Langka di Cianjur, Polisi Sebut Tak Ada Penimbunan

Kompas.com - 06/03/2020, 21:13 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Cianjur memastikan tak menemukan praktik penimbunan masker di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hal tersebut dikemukakan Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto terkait semakin langkanya masker di pasaran saat ini.

Baca juga: Stok Masker Semakin Langka di Cianjur

Kendati begitu, pihaknya akan meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap toko-toko alat kesehatan, apotek, gudang penyimpanan, maupun pihak pemasok atau distributor.

"Sejauh ini tidak ada ya (penimbunan). Kalaupun ada yang simpan sekotak dua kotak, kan tidak bisa dikatakan nimbun itu," kata Juang kepada Kompas.com di halaman Polres Cianjur, Kamis (5/3/2020) petang.

Namun, Juang tak menampik bahwa saat ini sangat sulit untuk mendapatkan masker. Sejumlah tempat yang biasa menjual sudah kehabisan stok.

"Kalau langka iya, saya tanya-tanya, keliling-keliling, susah juga, termasuk sabun itu (sanitizer), juga mulai langka,” ujar dia.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan atas, baik di tingkat provinsi maupun pusat untuk turut mendorong ketersediaan masker, jika memang kelangkaan karena masalah pasokan.

"Namun, kalau di kemudian hari kita temukan ada yang menimbun. Saya akan tindak tegas. Kasihan masyarakat sedang kesusahan cari barang," ucapnya.

Juang meminta penjual yang sekira masih punya persediaan atau stok masker untuk dikeluarkan, mengingat tingginya permintaan.

“Kalau (disimpan) hanya untuk mencari keuntungan, sangat tidak elok juga, apalagi di tengah kondisi seperti sekarang ini,” kata Juang.

Sebelumnya diberitakan, tingkat pembelian masker di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melonjak drastis pasca-mencuatnya isu virus corona atau Covid-19. 

Apalagi, sebelumnya ada kasus kematian seorang pasien yang suspect corona di rumah sakit di Cianjur. 

Meskipun, belakangan sudah diumumkan bahwa pasien tersebut negatif terpapar virus corona.

Baca juga: 4 Fakta Penting Meninggalnya Pasien Suspect Corona di Cianjur, Negatif Covid-19 

Namun, ketersediaan masker di sejumlah toko alat kesehatan dan apotek di Cianjur saat ini semakin langka. 

Kalaupun ada, harganya melonjak drastis. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com