Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing di Kawasan Cadas Pangeran Longsor dan Ancam Rumah Warga

Kompas.com - 06/03/2020, 21:02 WIB
Aam Aminullah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Tebing setinggi 10 meter di Jalan Raya Bandung-Cirebon, tepatnya di sekitar kawasan Cadas Pangeran longsor, Jumat (6/3/2020) sekitar pukul 17.50 WIB.

Material longsor berupa tanah dan pohon-pohon kecil di tebing sekitar kawasan Cadas Pangeran ini sempat menutupi badan jalan nasional penghubung Bandung-Cirebon.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah mengatakan, material longsor cukup mengganggu arus lalu lintas di sekitar lokasi.

Baca juga: Siswa SD Korban Longsor Tasikmalaya Dihibur Pedangdut hingga Badut

Selain itu, longsor juga mengancam rumah Kartama (56) yang letaknya berada di samping tebing di Dusun Haur Koneng, RT 01/02, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, tersebut.

"Alhamdulillah, untuk korban jiwa tidak ada. Kami langsung ke lokasi untuk membersihkan material longsor," ujar Novianto kepada Kompas.com, Jumat malam.

Novianto menuturkan, longsor juga mengikis halaman rumah bagian depan milik warga.

"Pak Kartama dan keluarga kami imbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya, karena longsoran tebing ini cukup mengancam rumahnya. Jika hujan terjadi terus menerus, kami imbau mengungsi sementara ke tempat lebih aman," tutur Novianto.

Baca juga: Jasad Korban Longsor Tasikmalaya Belum Ketemu, Keluarga Gelar Tahlilan Tiap Hari

Novianto menyebutkan, bersama unsur lain, khususnya jajaran Polres Sumedang, pihaknya mengamankan arus lalu lintas saat evakuasi material longsor yang sempat menutup badan jalan.

"Kepada para pengguna jalan. Baik itu dari arah Bandung maupun dari arah sebaliknya kami imbau lebih waspada," kata Novianto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com