Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona di DIY Bertambah Jadi Empat

Kompas.com - 05/03/2020, 23:22 WIB
Wijaya Kusuma,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Rumah Sakit rujukan untuk penanganan pasien virus corona di DIY yang sebelumnya ada dua, kini menjadi empat.

Keempat rumah sakit rujukan tersebut di antarnya, RSUD Wates, RSUD Kota Yogyakarta, RSUP Sardjito dan RSUD Panembahan Senopati, Bantul.

Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta Pembayun Setyaning Astutie mengatakan, penambahan rumah sakit rujukan tersebut sesuai keputusan Menteri Kesehatan.

"Jadi draf yang terbaru yang kita dapatkan dari Kementerian Kesehatan Gunungkidul diganti dengan Rumah Sakit Kota Yogyakarta (RSUD Kota Yogyakarta)," ujar Pembayun kepada wartawan, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Jadi Rumah Sakit Rujukan Penanganan Corona, RSUD Padang Sidempuan Siapkan 4 Ruang Isolasi

Pembayun menjelaskan, RSUD Wates dan RSUD Kota Yogyakarta diminta untuk menjadi rumah rujukan dikarenakan telah memiliki ruang isolasi.

"Rumah Sakit Wates memiliki empat ruang isolasi dan Rumah Sakit Kota Yogyakarta kurang lebih ada 10 ruang isolasi," ungkapnya.

Baca juga: Observasi 188 WNI di Pulau Sebaru, Ini Daftar Rumah Sakit Rujukan Suspect Corona

Selain itu, terdapat dokter spesialis paru atau dokter penyakit dalam yang mempunyai kompetensi untuk merawat pasien paru.

"Jadi disiapkan empat rumah sakit tersebut, kalau Sardjito sudah dari dulu. Karena memang Rumah Sakit Sardjito merupakan rujukan tertinggi dan rujukan nasional juga," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com