Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sumsel Diimbau Tenang, 1 Jemaah Umrah yang Diisolasi Negatif Corona

Kompas.com - 05/03/2020, 19:52 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - M (64), warga kota Prabumulih, Sumatera Selatan, yang sempat dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesing (RSMH) usai pulang umrah dinyatakan negatif virus corona.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Lagi, Warga Palembang Masuk Ruang Isolasi usai Pulang Umrah

Herman mengatakan, dari laporan yang ia terima, M telah dinyakan negatif terjangkit virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan di laboratorium.

"Yang turun umrah tersebut negatif (corona), si M," kata Herman.

Menurut Herman, masyarakat diimbau tidak terlalu berlebihan menanggapi penyebaran virus corona, dengan memborong pembelian masker secara berlibihan.

Sebab, sejauh ini Sumatera Selatan masih aman dari penyebaran virus corona.

"Masyarakat tenang, jangan pernah terprovokasi," imbuhnya.

Sementara, untuk F (77), seorang perempuan yang baru pulang dari umrah dan di rawat di ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang masih ditangani tim medis.

"Kita periksa saja. Yang bisa mengatakan itu (corona) hasil lab, nggak bisa orang batuk atau panas disebut corona," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, M (64) dirujuk ke ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang usai menjalani ibadah umrah di Mekkah.

M dirujuk ke RSMH Palembang lantaran mengalami batuk, sesak nafas serta demam tinggi ketika tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sekitar pukul 11.20 WIB dengan menggunakan maskapai Lion Air, Selasa (3/3/2020).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang Nur Purwoko Widodo saat dikonfirmasi mengatakan, dari hasil laporan yang ia terima, suhu tubuh M lebih dari 38 derajat.

Baca juga: Daftar 7 Daerah di Indonesia yang Mengisolasi Jemaah Sepulang Umrah, Gejala Batuk Pilek dan Demam

Selain itu, beradasarkan analisa awal, M diterindikasi terkena suspect Mers.

 

Terbaru, perempuan berinisial F (77) juga harus menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang lantaran mengalami batuk dan pilek usai menjalani ibadah umrah di tanah suci Mekkah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com