Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pasien yang Diisolasi di 2 RS di Banyumas Kondisinya Membaik

Kompas.com - 05/03/2020, 15:01 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

 

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak empat pasien yang diisolasi di RSUD Margono Soekarjo dan RSUD Banyumas, Jawa Tengah, kondisinya membaik.

Keempat pasien diisolasi karena mengalami demam sepulang dari luar negeri.

"Kondisi kedua pasien baik sekali. Sekarang hanya tinggal menunggu hasil pemeriksaan spesimen," kata Direktur RSUD Margono Soekarjo Tri Kuncoro, saat dihubungi, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Suhu Tubuh Mencapai 39 Derajat Celcius, 2 Jemaah Umrah Diisolasi di RSUD NTB

Menurut Tri, spesimen dari kedua pasien telah dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan untuk memastikan yang bersangkutan terinfeksi virus corona atau tidak.

Hasilnya diperkirakan dapat diketahui dalam dua atau tiga hari ke depan.

Diberitakan sebelumnya, rumah sakit milik Pemprov Jateng ini mengisolasi dua pasien yang mengalami gejala mirip virus corona.

Pasien pertama rujukan dari Banjarnegara diisolasi sejak Selasa (3/3/2020) malam. Pasien berjenis kelamin perempuan berusia 66 tahun itu baru datang dari Malaysia.

Sedangkan pasien kedua rujukan dari Kebumen diisolasi Rabu (4/3/2020) siang.

Pasien berjenis kelamin perempuan dengan usia 34 tahun itu diketahui baru datang dari Taiwan.

Baca juga: RSUP Kandou Manado Isolasi 2 Pasien dengan Gejala Mirip Virus Corona

Sementara itu, Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas dr Noegroho Harbani mengatakan, dua pasien yang diisolasi juga kondisinya telah membaik.

Kedua pasien dalam kondisi sadar penuh, tensi dan denyut nadi juga normal.

"Yang perlu kami pantau pernapasan dan suhu tubuh. Yang disebut demam itu di atas 38 derajat, sekarang di bawah 37 derajat, pernafasan juga normal. Kalau dari gejala mayor kemungkinan kecil (terinfeksi corona)," jelas Noegroho.

Namun untuk memastikannya, pihaknya masih menunggu pemeriksaan spesimen pasien di Kemenkes. Hasilnya diperkirakan dapat diketahui Senin (9/3/2020) pekan depan.

Diberitakan sebelumnya, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) perempuan berusia 44 tahun asal Banyumas yang baru pulang dari Hong Kong diisolasi di RSUD Banyumas, Selasa (3/3/2020).

Sementara pasien kedua berjenis kelamin perempuan berusia 26 tahun diisolasi sejak Rabu (4/3/2020). Yang bersangkutan diketahui baru bepergian dari Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com