KILAS DAERAH

Perangi Katarak di Pelosok Daerah, Sinar Mas Gandeng Banyak Pihak

Kompas.com - 04/03/2020, 12:53 WIB
Para relawan Tzu Chi Sinar Mas membantu seorang pasien operasi katarak DOK. Humas Sinar MasPara relawan Tzu Chi Sinar Mas membantu seorang pasien operasi katarak

KOMPAS.comSinar Mas melalui relawan perkebunan sawit di Semitau, Kalimantan Barat (Kabar) yang dikelolanya dan relawan Buddha Tzu Chi menggelar Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak di Kabupaten Sintang, Kalbar.

Selain Buddha Tzu CHi, Sinar Mas menggandeng Komando Resor Militer (Korem) 121/ Alambhana Wanawai Sintang guna melakukan survei calon pasien.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sinar Mas menjelaskan, survei digelar di empat kabupaten, yaitu Sintang, Melawi, Hulu, dan Sekadau Kalbar.

Dari survei tersebut, 207 pasien terkumpul dan diputuskan untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak serta pterygium.

Baca juga: Kasus Katarak, Indonesia Tempati Peringkat Pertama di Asia Tenggara

Adapun, Baksos Operasi Katarak tersebut bertujuan untuk mempertemukan pihak yang peduli dan mampu dengan pasien yang membutuhkan.

Selain itu, baksos juga menjadi wahana untuk memutus kendala biaya, jarak, dan keterbatasan layanan kesehatan bagi para pasien katarak yang tersebar di pelosok wilayah.

Selain Sinar Mas, kegiatan ini turut melibatkan Pemerintah Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu, serta Dinas Kesehatan setempat.

Sementara itu, seorang pasien Daliyah mengungkapkan kebahagiaannya saat pemeriksaan pascaoperasi Minggu, (16/12/2018) silam.

Baca juga: Selain Usia, Diabetes Juga Bisa Memicu Munculnya Katarak pada Mata

“Sewaktu perban dibuka dan diperiksa saya kaget dan senang sekali, saya bisa melihat dengan jelas. Bersyukur sekali saya mendapat kesempatan ini,” ungkapnya

Meningkatnya kasus katarak

Adapun, latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini didasar pada laporan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan di 15 provinsi.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X