Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Corona, RSUD Tidar Kota Magelang Siagakan 10 Ruang Isolasi

Kompas.com - 03/03/2020, 18:44 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, menyiagakan puluhan ruang isolasi untuk merawat pasien suspect virus corona

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Tidar Kota Magelang Nofi Ahyana mengatakan, sebagai rumah sakit rujukan yang ditunjuk Kementerian Kesehatan memiliki 10 ruang isolasi berstandar internasional.

"Ruang isolasi sudah. Kita khususkan untuk menerima pasien PDP, atau pasien dalam pengawasan covid-19," ujar Nofi, kepada wartawan di RSUD Tidar Kota Magelang, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Dampak Virus Corona, 80 Bus Pariwisata di Tanjungpinang Tak Beroperasi

Dia mengaku, ruang isolasi tersebut telah disiagakan sejak pertengahan bulan Januari 2020 lalu.

Selain itu, pihakya memiliki fasilitas dan tenaga medis telah terbukti merawat pasien yang diduga terjangkit virus flu burung (H5N1) pada 2007 silam.

"Jadi sejak saat itu lah kami siap sebagai RS rujukan untuk penyakit infeksi emerging. Salah satunya adalah COVID-19. Dengan itulah harus selalu siap setiap saat, apabila ada penyakit infeksi emerging, termasuk COVID-19," tuturnya.

Baca juga: Pasien di Cianjur dan Sukabumi Meninggal, Pemprov Jabar Pastikan Negatif Corona

Secara adminstrasi, lanjut Nofi, RSUD Tidar Kota Magelang juga memiliki tim khusus untuk Penyakit Infeksi Emerging. Standar Operasional Procedure (SOP) dan alur sudah dipersiapkan. 

"Kita sudah mengadakan sosialisasi dan latihan bagi seluruh SDM kita. Untuk sarana dan prasarana sudah siap. Sejak pasien diterima di UGD," imbuh Nofi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com