Terlacak, 9 Turis Asing yang Duduk Dekat WN Selandia Baru Positif Corona Saat Transit di Bali

Kompas.com - 03/03/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

DENPASAR, KOMPAS.com - Seorang warga Selandia Baru dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 pada Jumat (28/2/2020) lalu.

Pasien tersebut diketahui datang dari Iran dan terbang ke Auckland melalui Bali.

Kepala Dinas Kesehatan Bali, Ketut Suarjaya mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran siapa saja yang kemungkinan besar melakukan kontak dengan WNA tersebut.

Kini pihaknya mengawasi sembilan orang yang kontak dengan WNA itu.

Baca juga: Indonesia Umumkan Dua Positif Corona, Bali Data Jumlah Ruang Isolasi

Mereka adalah penumpang yang duduk paling dekat di pesawat dan turun di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Kita tracing pada penumpang dua di depan dan belakang. Ini sudah kami ketahui keberadaannya," kata Suarjaya di Denpasar, Selasa (3/3/2020).

Suarjaya mengatakan, mereka adalah turis asing yang tinggal di tiga hotel berbeda.

Mereka kini diawasi dan dimonitor kesehatannya selama 14 hari.

Adapun dari pengamatan sementara, mereka dalam keadaan sehat.

"Ini jadi atensi kami, kami ambil samplenya dan semuanya kita minta kurangi aktivitas. Mereka orang asing semua, karantina di hotelnya. Kita komunikasikan bahwa sebagai kontak mereka mematuhi sebagai standar protokol WHO," katanya.

Dinkes Bali juga masih berkoordinasi terkait adanya laporan warga Australia yang dinyatakan positif corona usai terbang dari Iran ke Melbourne melalui Bali.

Ia menumpang pesawat Malindo Air rute Denpasar - Melbourne pada penerbangan Jumat, 28 Februari 2020. Ia mengaku telah mendapat data manifest penumpang.

"Melbourene kita belum dapat notifikasi. Kita belum dapat dari Autralia. Inisiataif tetap dan atensi karena pasenger manifest sudah ada, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga sudah ada data Health Alert Card (HAC). Sekali lagi kami menunggu notifikasi," kata dia.

Baca juga: Fakta Evakuasi 69 WNI Kru Kapal Diamond Princess dari Jepang ke Pulau Sebaru Kepulauan Seribu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X