Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Rudy Spiderman asal Parepare, Konten Kreator yang Bersihkan Got dan Hapus Cat Saat Demo

Kompas.com - 03/03/2020, 09:09 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Rudy Hartono, spiderman pemerhati lingkungan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan mendapatkan hadiah umrah gratis saat menghadiri kajian di Masjid Al Irasyad Kota Parepare, Senin (2/3/2020).

Hadiah tersebut diberikan oleh Pasukan Amal Salaeh (Paskas) karena keikhlasan Rudy membersihkan lingkungan.

Yanti Nurdayanti, koordinator Gerakan Infak Beras, Paskas, Kota Parepare mengatakan program umrah diberikan pada imam masjid, penghafal Al Quran, dan khusus kepada orang yang iklhlas dan tulus berbuat baik seperti yang dilakukan Spiderman Parepare, Rudy Hartono.

Baca juga: Karena Keikhlasannya Bersihkan Sampah, Spiderman Parepare Dihadiahi Umrah Gratis

Warga Jalan Sawi, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang ini sempat viral setelah membersihkan sampah dengan mengunakan kostum Spiderman pada tahun 2019 lalu.

Ia merekam aksinya saat mebersihkan selokan menggunakan pakaian spiderman dan videonya diunggal di media sosial agar warga Kota Parepare ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Berhenti kuliah dan jadi konten kreator

Rudi Hartono dan keponakannya Gizka (Sumber: Dokumen pribadi Rudi)Rudi Hartono Rudi Hartono dan keponakannya Gizka (Sumber: Dokumen pribadi Rudi)
Rudy Hartono lahir di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan pada 6 Juni 1983. Ia delapan bersaudara dari pasangan almarhum Muhammad Yusuf dan Harmini.

Ia sempat berhenti kuliah untuk membiayai adik bungsunya. Rudy pun menjadi tulang punggung bagi keluarganya.

“Saya 8 bersaudara, kami terpaksa harus berhenti kuliah untuk membiayi adik bungsu kami. Saat ini di rumah, ibu saya membuka warung untuk menghudupi kesehariannya. Saya menjadi tulang punggung keluarga membantu biaya hidup Ibu dan beberapa adik saya," kata Rudy Hartono, Rabu (8/1/2020).

Baca juga: Kisah Spiderman Pemungut Sampah, Tubuh Gatal-gatal hingga Bawa Pesan Lingkungan

Sehari-hari dia adalah konten kreator dan editor media online di Kota Parepare. Rudy juga pernah menjadi citizen jurnalis di salah satu televisi nasional.

Ia juga kerap diminta untuk mengambil gambar oleh sejumlah televisi stasiun televisi luar negeri jika ada isu yang menari.

Rudy juga pernah diminta KPU Kota Parepare sebagai pemateri di Komisi Pemilihan Umum Kota Pare-pare bagaiman cara bersosialisasi di media sosial.

Saat menjadi pemateri, Rudy tetap menggunakan baju Spiderman miliknya.

Baca juga: Brigadir Bayu, Spiderman yang Hibur Anak-Anak Korban Banjir Bogor

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com