Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UNS Minta Sivitas Akademika Batasi Diri 14 Hari Usai Pulang dari Luar Negeri

Kompas.com - 02/03/2020, 19:58 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Profesor Jamal Wiwoho, meminta para sivitas akademika yang baru saja bepergian dari luar negeri untuk membatasi diri selama 14 hari. 

“Yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama Tiongkok, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman, Perancis, Inggris, Iran, UEA, Bahrain, Kuwait, dan Belanda, harap membatasi diri (self-isolated) dengan Civitas UNS lainnya maupun dengan anggota keluarga/ rumah tangga selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia," kata Rektor UNS Profesor Jamal Wiwoho dalam surat edaran yang diterima Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Bentrok TNI-Polri di Tapanuli Utara, 6 Orang Terluka,1 Polsek Rusak, Ini Penjelasan TNI

Tak hanya itu, mereka yang ternyata mengalami demam, batuk, pilek, dan gejala COVID-19  lainnya setelah dari luar negeri, diminta untuk segera memeriksakan diri ke RS UNS atau RSUD Moewardi, Surakarta.

Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi merebaknya wabah virus corona masuk di kalangan kampus UNS. 

Sementara itu, Jamal juga meminta rencana perjalanan ke luar negeri bagi sivitas akademika di UNS untuk ditangguhkan.

“Kami menghimbau seluruh Civitas Akademika UNS agar menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama di negara-negara terdampak COVID-19,” katanya di Kantor Humas UNS.

Baca juga: Sempat Viral karena Mirip New Zealand, Ranu Manduro Ditutup untuk Umum

Rektor UNS juga meminta seluruh karyawan, unit kerja serta mahasiswa untuk menggunakan alcohol based hand rub/ handsanitizer untuk mencuci tangan. 

Lalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, menggunakan masker, dan meminimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com