Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sulsel Resmi Ambil Alih Stadion Mattoanging Makassar

Kompas.com - 02/03/2020, 17:28 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Stadion Mattoanging resmi dikembalikan ke pemerintah provinsi Sulawesi Selatan usai pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) selaku pengelola menyerahkannya di rumah jabatan Gubernur Sulsel di Makassar, Senin (2/3/2020).

Penyerahan aset ini dilakukan langsung oleh dewan pembina YOSS Andi Ilham Mattalatta kepada Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan disaksikan langsung Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. 

Andi Ilham sendiri mengakui YOSS pada akhirnya rela menyerahkan aset negara tersebut usai pemprov berjanji untuk merenovasi stadion yang juga menjadi kandang PSM Makassar tersebut. 

Baca juga: Gubernur Nurdin Abdullah Tak Akan Ubah Keputusan Eksekusi Stadion Mattoanging

"Secara formal sudah kita serahkan. Dan Insya Allah kita menunggu hasil renovasi nanti. Jelas kita semua merasa lega. Karena ini sudah tidak berpolemik lagi," kata Ilham saat diwawancara usai penyerahan, Senin sore. 

Ilham juga mengatakan, gugatan yang sebelumnya dilayangkan bakal dicabut.

Namun, terkait siapa pengelola stadion selanjutnya, YOSS sepenuhnya menyerahkan kepada Gubernur Sulsel.

Namun, bila YOSS kembali ditunjuk, Ilham mengaku pihak siap menjalankan amanat tersebut. 

"Kami akan tetap menjaga dan bertanggung jawab untuk memelihara karena itu memang spesialisasi kami sudah sekian puluh tahun tanpa dukungan pemerintah, tanpa dukungan siapapun kita bisa jalan," kata lham. 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, dengan kembalinya aset negara, pihaknya bakal mempercepat renovasi untuk menjadikan stadion tersebut sesuai standar internasional. 

Terkait penyerahan tersebut, Nurdin mengaku bahwa hal itu merupakan buah kesepakatan antara pihak YOSS dan DPRD Sulawesi Selatan. 

"Jadi saya mau sampaikan bahwa aset kita tidak ada masalah termasuk Mattoanging. Ini sudah ada kesepakatan antara Andi Ilham dan DPRD," ujar Nurdin. 

Terkait siapa pihak yang bakal ditunjuknya untuk mengelola stadion tersebut, Nurdin mengaku belum memikirkan hal tersebut. 

Namun, ia tidak menyangkal bila pihak YOSS sangat berpengalaman dalam mengelola stadion selama berpuluh-puluh tahun tersebut. 

"Sedikit banyaknya dia punya andil mengelola olahraga makanya beliau menyerahkan hari ini. Kita akan rehab, kita akan pugar dengan baik baru kita bicara lagi," ucap Nurdin. 

Baca juga: Sengketa Stadion Mattoanging Makassar, Mediasi Batal

Sebelumnya, Stadion Mattoanging sendiri menjadi polemik antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan pihak YOSS terkait kepemilikannya.

YOSS yang sudah mengelola stadion tersebut selama berpuluh-puluh tahun enggan menyerahkan stadion tersebut ke pemerintah. 

Namun, Pemprov Sulawesi Selatan bersikeras untuk mengambil alih stadion tersebut berdasarkan supervisi KPK di mana beberapa aset negara di Sulawesi Selatan dikuasai oleh pihak tertentu. 

Terkait polemik tersebut, Nurdin mengaku sudah tidak menjadi masalah lagi. 

"Itu enggak penting terjadi karena kita sudah bicara dari hati ke hati semua. Saya kemarin dengan ketua DPRD, komisi A sudah bicara. Tidak ada sedikit pun kita mau menghalang-halangi penyerahan," tutup gubernur yang juga bergelar profesor ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com