Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Paloh: Petahana Rudi Ikut Pilkada Batam, Istrinya Ikut Pilgub Kepri

Kompas.com - 24/02/2020, 11:46 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh saat berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kemarin akhirnya menetapkan kader NasDem yang ikut pertarungan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, maupun Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri).

Surya Paloh menetapkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi kembali bertarung di Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Batam 2020.

Sedangkan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri, Surya Paloh mempercayakan kepada Marlin Agustina yang tidak lain istri Rudi.

"Ini merupakan penugasan Partai yang harus dijalankan," kata Surya Paloh, Sabtu (22/2/2020) kemarin.

Surya mengaku, dipilihnya Rudi dan pasangannya untuk bertarung di pilwako 2020 karena selama memimpin lima tahun lalu, banyak prestasi yang diperbuat Rudi dan pasangannya, Amsakar.

Baca juga: Diusung Nasdem di Pilkada Makassar, Danny Pomanto Tak Jadi Lewat Jalur Independen

Makanya untuk pilwako 2020 ini, NasDem kembali mempercayakan mereka.

"Ini keputusan bersama, jadi bukan karena ada emosional pimpinan, karena apa yang dilakukan Rudi-Amsakar merupakan cerminan kunerja NasDem, yang memiliki kader solid dan serius memajukan pembangunan suatu daerah," jelasnya.

Senada juga diungkapkan Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali yang mengatakan tidak saja Rudi, bahkan untuk Pilgub Kepri, NasDem mempercayakan Ibu Marlin untuk mendampingi calon gubernur Kepri yang akan maju di Pilgub Kepri 2020.

"Marlin Agustina diminta untuk bertarung sebagai calon Wakil Gubernur Kepri 2020. Hal ini diambil agar ada keselarasan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam membangun Kepri. Selama ini Marlin juga telah berkontribusi banyak di NasDem sebagai Istri Rudi, makanya partai mempercayakan Marlin untuk menjadi calok Wakil Gubernur di pemilihan 2020," papar Ali.

Ali mengaku NasDem lebih memilih orang dalam untuk mengisi posisi tersebut, karena jika orang luar dirinya tidak yakin akan bisa menepati janjinya.

Baca juga: Pengamat Politik: Istri Wali Kota Batam Ikut Pilkada Kepri 2020, Ubah Peta Pilgub

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com