Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Citanduy Meluap, Ponpes Suryalaya Tasikmalaya Terendam Banjir

Kompas.com - 24/02/2020, 06:51 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Puluhan rumah di Komplek Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya, ikut terendam banjir akibat luapan air Sungai Citanduy seusai hujan deras menguyur wilayah Tasikmalaya sampai Minggu (23/2/2020) pagi.

Pontren ini pun lokasinya tak jauh dari bentangan Sungai Citanduy dan pemukiman Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya yang sama terendam banjir.

Selain puluhan rumah, asrama putri dan puluhan kendaraan di ponpes itu pun terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Baca juga: Korban Banjir Tasikmalaya: Kami Sudah Lama Minta Sungai Citanduy Dikeruk, Tapi Tak Dipenuhi BBWS PUPR

Salah seorang pengurus Ponpes Suryalaya, Riad Jamil mengatakan, banjir akibat luapan air Sungai Citanduy itu kali pertama terjadi masuk sampai ke kawasan komplek Suryalaya.

Adapun posisi pontren itu berada di bagian hulu Sungai Citanduy yang di hilirnya wilayah Desa Tanjungsari yang menjadi langganan banjir akibat pendangkalan sungai tersebut.

"Sekitar 30 rumah dan asrama putri terendam banjir. Air masuk ke rumah dan merendam isi rumah. Penghuni rumah tidak sempat mengamankan barang-barangnya, karena begitu cepat naik. Ketinggian air di dalam rumah di atas 50 centimeter sejak malam tadi," jelas Raid kepada wartawan di lokasi kejadian, Minggu pagi.

Baca juga: Sungai Citanduy Meluap, Ratusan Makam hingga Puskesmas di Tasikmalaya Terendam Banjir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com