Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Tragedi Susur Sungai SMPN di Sleman, Komisi X Sebut Sekolah Mestinya Perhatikan Cuaca

Kompas.com - 22/02/2020, 22:24 WIB
Farid Assifa

Editor

BANDUNG, KOMPAS. comKomisi X DPR mengimbau sekolah berhati-hati sebelum memutuskan kegiatan di luar ruang ruang mengingat tingginya ancaman bencana hidrometeorologi dalam beberapa bulan terakhir.

Pernyataan itu disampaikan terkait tragedi tewasnya 8 siswa SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta, saat menggelar kegiatan susur sungai Sempor, Jumat (21/2/2020).

Peristiwa itu memicu keprihatinan banyak kalangan.

“Berdasarkan prediksi BMKG bulan-bulan ini ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, longsor, banjir hingga angin kencang akan meningkat. Manajemen sekolah harusnya benar-benar mempertimbangkan segala risiko yang akan dihadapi sebelum memutuskan mengadakan kegiatan luar ruang,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: Kasus Susur Sungai di Sleman, Polisi Periksa 13 Saksi, Pembina Pramuka Jadi Tersangka 

Huda mengatakan, BMKG dari awal telah memberikan peringatan akan tingginya potensi bencana hidrometeorologi akibat adanya cuaca esktrim.

Bahkan, kata dia, BMKG Yogyakarta juga telah mengeluarkan peringatan tingginya potensi hujan yang bisa mengakibatkan banjar bandang, tanah longsor, hingga angin kencang.

Menurut Huda, seharusnya peringatan ini diperhatikan oleh semua kalangan terutama penyelenggara pendidikan dalam menyusun program kegiatan sehingga tidak membahayakan peserta didik.

“Kita selama ini sering mengabaikan peringatan-peringatan dari BMKG tentang potensi bencana. Padahal itu bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun kegiatan dan perjalanan,” katanya.

Politikus PKB ini meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) aktif memberikan peringatan bagi sekolah yang hendak menyelenggarakan kegiatan luar ruang dalam musim penghujan ini.

Peringatan tersebut bisa menjadi patokan bagi sekolah jika tetap mengadakan kegiatan luar ruang.

“Kalau perlu Kemendikbud bisa memberikan aalternatif kegiatan bagi sekolah sehingga tidak perlu mengadakan kegiatan luar ruang untuk sementara waktu hingga kondisi cuaca benar-benar stabil,” ujarnya.

 

Baca juga: Tragedi Susur Sungai SMPN di Sleman, Mahfud MD Tegur Sekolah

Hingga Sabtu (22/2) pukul 11.00 sebanyak delapan siswa ditemukan meninggal dunia dan satu lainnya hilang setelah mengikuti kegiatan susur sungai yang diselenggarakan SMP Negeri I Turi Sleman DIY.

Korban terseret arus besar yang tiba-tiba datang saat kegiatan susur sungai berlangsung. Selain korban tewas dan hilang sebanyak 23 siswa mengalami luka-luka, sedangkan 216 siswa lainnya selamat.

Hingga saat ini tim penyelamat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, maupun unsur masyarakat terus melakukan pencarian siswa yang masih belum ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com