Menyeberang di Jalan Tol, Siswa SMP di Makassar Tewas Tertabrak Innova

Kompas.com - 21/02/2020, 20:55 WIB
Ilustrasi STOCKVAULT.netIlustrasi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Seorang pengendara mobil Toyota Innova, Andi Rendi (33) diamankan unit laka lantas Polrestabes Makassar usai menabrak seorang pelajar SMP di Jalan Tol Seksi IV, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (21/2/2020) siang.

Kanit Laka Lantas Polrestabes Makassar AKP Kun Sudarwati mengatakan, pelajar yang bernama Muhammad Ilham (13) tersebut ditabrak saat sedang menyeberang di ruas jalan tol tersebut. 

Andi Rendi yang menyetir dari arah Makassar menuju Kabupaten Maros tak sempat menghindar lantaran mobil yang dikendarainya melaju dengan kecepatan tinggi. 

Baca juga: Viral Mobil Dirusak dan Dibakar Massa di Surabaya, Penyebabnya karena Tabrak Lari

"Pengendara roda empat itu bergerak dari arah selatan ke utara ruas kota Makassar menuju Maros dan mengambil lajur cepat di sebalah kanan. Tiba-tiba di depan ada penyebrang jalan yang tidak terlihat sebelumnya diduga bergerak dari arah kiri mobil," kata Kun saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat sore. 

Kun menyebut pelajar yang ditabrak mengalami luka cukup serius hingga meninggal dunia di lokasi kejadian sesaat setelah ditabrak. 

Dari pemeriksaan saksi-saksi, diduga pelajar tersebut baru turun dari angkutan umum yang memilih menyeberang melalui jalan tol seusai pulang sekolah. 

"Sementara, pengemudi kami masih dalami keterangannya," kata Kun.

Baca juga: Warga Gunungkidul yang Tewas Terbakar Setelah Tabrak Kabel yang Menjuntai Hendak ke Pantai

Kun sendiri mengimbau kepada warga yang ingin menyebrang di jalan tol untuk menggunakan jembatan penyeberangan yang telah disediakan di sepanjang jalan tol Makassar demi keselematan pengendara dan penyeberang itu sendiri. 

Menurutnya, sesuai Pasal 53 ayat 1 UU Nomor 38 tahun 2004, jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna kendaraan bermotor. 

"Untuk itu, pada saat akan menyeberang di Jalan Tol diwajibkan menyeberang melalui jembatan penyeberangan yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara jalan tol demi keselamatan diri kita sendiri dan orang lain," ucap Kun.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X