Minim Rambu Lalu Lintas, Penyebab Truk Fuso Tabrak 2 Minibus di Sumedang

Kompas.com - 20/02/2020, 19:21 WIB
Minibus yang terparkir di Jalan Ir Soekarno, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tertabrak hingga terseret truk, Kamis (20/2/2020) pagi. DOK. Warga Jatinangor KOMPAS.COM/AAM AMINULLAHMinibus yang terparkir di Jalan Ir Soekarno, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tertabrak hingga terseret truk, Kamis (20/2/2020) pagi. DOK. Warga Jatinangor

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas melibatkan truk dan dua minibus terjadi di Jalan Raya Ir Soekarno, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (20/2/2020).

Kecelakaan yang sempat viral di media sosial ini dikarenakan lokasi kejadian sangat minim rambu lalu lintas.

Salah seorang mahasiswa Unpad Jatinangor M Budiman (20) mengatakan, peristiwa kecelakaan terjadi disebabkan adanya kendaraan yang parkir di bahu jalan.

"Jalannya memang cukup lebar, tapi di sini arus lalu lintas padat, banyak truk yang lewat juga dari kedua arah (Sumedang-Bandung, dan sebaliknya). Jadi sangat rawan kecelakaan," ujar Budiman kepada Kompas.com di sekitar kampus Unpad Jatinangor.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Pasuruan-Probolinggo, Satu Orang Tewas

Budiman menyebutkan, kecelakaan yang terjadi harus menjadi bahan evaluasi, khususnya bagi Dishub Sumedang dan Satuan Lalu Lintas Polres Sumedang.

"Ironisnya ini terjadi di sekitar Pos Lalu Lintas. Karena mungkin di sini minim rambu-rambu juga, jadi banyak yang parkir kendaraan karena tak ada rambu lalu lintas yang cukup dan petugas polisi di lokasi," tutur Budiman.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana membenarkan adanya kecelakaan lalu lintas yang terjadi di depan kantor Kecamatan Jatinangor ini.

Dedi menyebutkan, terkait saran dari mahasiswa dan warga terkait kerawanan yang terjadi di Jalan Ir Soekarno Jatinangor ini akan jadi perhatian pihak kepolisian.

"Tentunya itu menjadi saran, masukan yang baik bagi kami. Akan kami sampaikan ke pimpinan dan koordinasikan dengan dinas terkait," ujar Dedi.

Baca juga: Tak Ada Korban Jiwa dalam Kecelakaan Mobil Tertembus Pembatas Jalan di Tol Balsam

Dedi menuturkan, kecelakaan lalu lintas terjadi saat minibus Toyota Agya bernopol B 1142 EMP, yang dikemudikan Fildza Intan Rizkia (21), mahasiswi asal Depok ini terparkir di badan jalan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X