Ada Sinyal "Koalisi" PKS-Nasdem di Pilkada Karawang

Kompas.com - 20/02/2020, 17:03 WIB
Ketua DPD PKS Karawang Dedi Sudrajat (tengah) dan Ketua DPD Partai Nasdem Karawang Dian Fahrud Jaman (kiri) KOMPAS.COM/FARIDAKetua DPD PKS Karawang Dedi Sudrajat (tengah) dan Ketua DPD Partai Nasdem Karawang Dian Fahrud Jaman (kiri)

KARAWANG, KOMPAS.com - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melempar sinyal membangun koalisi pada Pilkada Karawang 2020.

Ketua DPD Partai Nasdem Karawang Dian Fahrud Jaman menyebut pertemuan dengan PKS pada Kamis (20/2/2020) sore di Kantor DPD PKS Karawang dilakukan untuk membangun komunikasi politik.

"Ada beberapa poin yang coba kita komunikasikan dan responnya juga sangat baik," kata Dian.

Meski tak secara gamblang menyebut kesepahaman koalisi dan nama bakal calon yang diusung, Dian tak menampik peluang itu.

"Soal calon kita lihat perkembangan ke depan," tambah Dian.

Baca juga: Asep Agustian Kembali Maju Pilkada Karawang Jalur Independen, Mengaku Tak Kapok Nyalon

Sementara itu, Ketua DPD PKS Karawang Dedi Sudrajat mengatakan, pihaknya sepaham dengan Partai Nasdem, termasuk peluang koalisi. Hanya saja, PKS juga berpikir rasionalitas.

"Kami berdelapan (PKS 6 kursi Nasdem 2 kursi) menyadari harus mencari (partai) yang lainnya. Sedang kita berdiskusikan bersama yang lainnya nanti dengan siapa lagi," ujar Dedi.

Ditanya apakah sudah ada kata sepakat untuk memasangkan Aep Syaepuloh dengan petahana Cellica Nurrachadiana, Dedi dan Dian kompak menjawab komunikasi belum sejauh itu. Keduanya mengaku tengah menjalankan tahapan di internal masing-masing partai.

"Pembicaraan ini belum sampai ke sana karena baru pertemuan pertama. Masih banyak yang harus kita persiapkan," ujar Dedi.

Baca juga: Deklarasi Maju Pilkada Karawang, Bupati Cellica: Tunggu Waktu yang Tepat

Dedi menyebut kesepahaman di daerah tersebut akan dikonfrontasikan ke DPW dan DPP.

Meski begitu, pihaknya menargetkan nama calon yang diusung dan koalisi permanen ditargetkan terbentuk secepatnya.

Meski begitu, Dedi menghormati partai dan pihak manapun yang membangun komunikasi politik dan menjalankan tahapan internal masing-masing.

Sebelumnya, PKS mendeklarasikan tiga nama untuk maju di Pilkada Karawang, yakni Aep Syaepuloh, Budiwanto, dan Abdul Hadi Wijaya atau Gus Ahad.

Sementara Partai Nasdem condong kepada Cellica Nurrachadiana.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X