Pilkada Sulut 2020, Pengamat: PDI-P Paling Siap, Nasdem Dilema

Kompas.com - 20/02/2020, 09:15 WIB
Pengumuman gelombang I calon kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota PDI-P, di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Rabu (19/2/2020). KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI Pengumuman gelombang I calon kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota PDI-P, di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

MANADO, KOMPAS.com - Ditetapkannya Olly Dondokambey-Steven Kandouw sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara oleh PDI-P, membuktikan partai berlambang banteng moncong putih itu adalah parpol yang paling siap menghadapi Pilkada 2020.

Pengamat politik dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ferry Daud Liando mengatakan, keputusan tersebut menguntungkan PDI-P, karena menjadi yang pertama menetapkan pasangan calon ketimbang parpol lain.

“Keputusan ini akan sangat menguntungkan PDI-P. Artinya PDI-P telah membuktikan kepada publik bahwa merekalah paling siap menghadapi Pilkada 2020. Tentu keputusan cepat ini akan menciutkan parpol yang lain,” kata Ferry saat dihubungi, Rabu (19/2/2020). 

Baca juga: Dapat Rekomendasi PDI-P di Pilkada Sulut, Olly-Steven Janji Jawab Tantangan Megawati

Dibanding PDI-P, menurut Ferry, dua parpol lain yang berniat mengusung calon, sampai kini juga belum memberikan sinyal siapa yang hendak diusung.

“Golkar berniat mengusung Ketuanya Ibu Tetty Paruntu. Namun, hingga kini belum juga ada kesanggupan dari parpol lain untuk bergabung,” ucap Ferry.

Golkar untuk saat ini belum memiliki modal untuk mengusung calon, karena terkendala persyaratan jumlah kursi di DPRD.

Hasil pemilihan legislatif (Pileg) lalu, Golkar hanya memperoleh tujuh kursi.

Jika mengikuti ketentuan, syarat parpol yang mengusung calon harus memiliki minimal sembilan kursi.

Ferry menyampaikan, parpol lainnya seperti Nasdem, juga terlihat dilema.

Pasalnya, Nasdem memiliki banyak kader yang menjabat kepala daerah.

"Kemudian Nasdem, parpol yang sesungguhnya memenuhi syarat untuk mengusung calon. Namun, persoalannya Nasdem adalah parpol yang mengoleksi banyak kader termasuk mereka yang menjabat kepala daerah. Ada dugaan, Nasdem sangat kesulitan menentukan satu nama dari nama-nama besar ini,” ujar Ferry.

Dua nama yg sering disebut-sebut adalah Bupati Minahasa Utara Vonny Anneke Panambunan dan Wali Kota Manado Vicky Lumentut.

Kedua calon ini dinilai punya kelebihan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X