Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Pasang Terjang 4 Desa di Flores

Kompas.com - 19/02/2020, 09:48 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KUPANG, KOMPAS.com - Pemukiman warga di empat desa di Kecamatan Ndori, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), diterjang gelombang pasang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, Sebastianus Bele mengatakan, telah menerima laporan mengenai bencana gelombang pasang di Kecamatan Ndori.

"Kami baru menerima laporan, dan saat ini sudah ditindaklanjuti dengan mengirim petugas untuk melihat langsung kondisi di lapangan," kata Sebastianus, seperti dilansir dari Antara, Rabu (19/2/2020).

Baca juga: Waspada Potensi Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jabar, Jateng, dan DIY

Gelombang pasang yang menerjang empat desa di Kecamatan Ndori, menyebabkan terjadinya abrasi sepanjang 700 meter di sepanjang empat desa yang ada.

Empat desa yang diterjang gelombang pasang itu adalah Dusun Ippi Desa Serandori dan Desa Maubasa Barat juga Desa Maubasa serta Desa Desa Maubasa Timur.

Dia menuturkan, gelombang pasang di Ndori sering terjadi hampir setiap tahun, yang menyebabkan abrasi di sepanjang empat desa itu.

Pemerintah telah berupaya membangun tembok penyokong di sepanjang pantai itu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Namun, keberadaan tembok penyokong juga tidak banyak berarti karena kerap diterjang gelombang yang menyebabkan tembok ambruk sehingga menimbulkan abrasi.

Baca juga: Gelombang Tinggi 4 Meter, BPBD Sangihe Imbau Warga Tidak Melaut

Dia mengatakan, pemerintah akan melakukan kajian untuk membangun penahan abrasi yang lebih permanen, sehingga bisa bertahan dari terpaan gelombang.

"Kalau untuk memindahkan pemukiman penduduk dari sekitar pantai memang sulit, karena alasan sosial," katanya menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com