Pemprov Jatim Tanggung Biaya Korban Luka akibat Kerusuhan Suporter di Blitar

Kompas.com - 18/02/2020, 23:27 WIB
Sejumlah rangka kendaraan setelah terbakar saat bentrok antara pendukung Persebaya dan Arema dalam semifinal Piala Gubenur Jawa Timur 2020 di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (18/2/2020) Kompas.comSejumlah rangka kendaraan setelah terbakar saat bentrok antara pendukung Persebaya dan Arema dalam semifinal Piala Gubenur Jawa Timur 2020 di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (18/2/2020)

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menanggung biaya pengobatan terhadap korban luka akibat kerusuhan suporter yang terjadi di Blitar, Jatim, Selasa (18/2/2020).

Kerusuhan tersebut terjadi menjelang laga semifinal Piala Gubernur Jawa Timur antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Supriyadi, Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa sore.

"Jika ada yang luka dan perlu perawatan (akibat keurusuhan Blitar), sepenuhnya akan ditanggung oleh Pemprov Jatim," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Heru Tjahjono seperti dikutip dari Antara di Surabaya, Selasa malam.

Baca juga: Rusuh Suporter Jelang Persebaya Vs Arema, 7 Motor Dibakar Massa

Menurut Heru, Pemprov Jatim maupun polisi, sampai saat ini masih mendata dan menginventarisasi korban luka.

Selain itu, menghitung kendaraan yang rusak akibat kerusuhan suporter di Blitar tersebut.

Pemprov Jatim juga memerintahkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jatim Jonathan Judianto untuk mengganti kerusakan tanaman, sawah, kebun dan warung yang kemungkinan belum sempat terbayar.

"Terhadap pelaku insiden, sepenuhnya kami serahkan kepada aparat penegak hukum," ucap mantan Bupati Tulungagung dua periode tersebut.

Baca juga: Bonek dan Aremania Bentrok, Sejumlah Kendaraan Dibakar Massa di Blitar

Pihak Pemprov menyesalkan terjadinya kerusuhan suporter.

Pemprov Jatim meminta maaf kepada masyarakat Jatim, khususnya warga Blitar.

"Kami juga sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada aparat yang cepat dan sigap bertindak, sehingga dapat segera diatasi. Kami akan evaluasi untuk masa mendatang," kata Heru.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X