Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Membaik, Bayi yang Dibuang di Jember Diserahkan ke PSAB

Kompas.com - 18/02/2020, 21:14 WIB
Bagus Supriadi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com – Seorang bayi yang dibuang ibunya di teras rumah warga Dusun Krebet, Desa Gumukmas, akhirnya diserahkan kepada Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PSAB) Sidoarjo pada Selasa (18/2/2020).

Bayi tersebut dirawat di Puskesmas sejak ditemukan pada 3 Februari 2020.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember Gatot Triyono mengatakan, penyerahan itu baru dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jember.

“Penyerahan di kantor Dinsos (Dinas Sosial) sore tadi disertai dokumen yang lengkap,” kata Gatot dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Jual Obat Penggugur Kandungan, Penjual Obat Kuat di Madiun Ditangkap

Dokumen itu meliputi berita acara kepolisian, hasil pemeriksaan dari Puskesmas, berita acara acara serah terima bayi dari puskesmas ke dinas sosial, surat keterangan atau permohonan rekomendasi tempat tinggal tidak tetap (T4), hingga surat keterangan dari desa dan kecamatan.

“Saat ditemukan, kondisi bayi agak kuning. Alhamdulillah saat diserahkan kondisinya sehat,” ucap dia.

Saat ditemukan, berat bayi perempuan itu sekitar 2,5 kilogram. Tapi, setelah menjalani perawatan di puskesmas, beratnya bertambah menjadi 3,5 kilogram.

"Dia dirawat kurang lebih 15 hari," kata dia.

Setelah diserahkan ke PSAB, status bayi perempuan tersebut menjadi anak negara. Seluruh prosedur pengasuhan berada pada tugas dan tanggung jawab lembaga di bawah Dinas Propinsi Jawa Timur tersebut.

Baca juga: Negatif Corona, Mahasiswa Maluku yang Dikarantina Akhirnya Pulang ke Rumah

 

“Bagi pihak yang ingin mengadopsi, diharapkan untuk menghubungi langsung PSAB di Sidoarjo,” jelas dia.

Sebelumnya, warga Dusun Krebet geger karena penemuan bayi perempuan di teras salah satu rumah warga. Bayi perempuan itu diperkirakan berusia tiga hari. Warga yang menemukan pun langsung membawa bayi itu ke puskesmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com