Tanggul Jebol karena Hujan Semalaman, Ribuan Rumah di Brebes Terendam Banjir

Kompas.com - 17/02/2020, 19:00 WIB
Sejumlah anak bermain di jalan Desa Babakan, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang terendam air akibat hujan deras yang mengakibatkan tanggul jebol, Senin (17/2/2020) KOMPAS.com/Tresno SetiadiSejumlah anak bermain di jalan Desa Babakan, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang terendam air akibat hujan deras yang mengakibatkan tanggul jebol, Senin (17/2/2020)

BREBES, KOMPAS.com - Ribuan rumah dalam enam desa di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir.

Air menggenang setelah Brebes dan sekitarnya dilanda hujan deras sejak Minggu (16/2/2020) malam hingga Senin (17/2/2020) dinihari.

Akibatnya, tanggul Sungai Cisanggarung di Desa Babakan Kecamatan Losari jebol dan meluap ke pemukiman warga.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Sumsel, Waspada Banjir dan Longsor

Tasrip, warga Desa Babakan, Kecamatan Losari, menuturkan, air menggenang hingga setinggi 50 sentimeter.

Situasi itu belum berubah pada Senin sore.

Selain Babakan, sejumlah desa lain di sepanjang pinggiran sungai yakni Desa Jatisawit, Karangsembung, Bojongsari, Kalibuntu, dan Desa Pekauman juga terendam banjir.

"Semalam hujan deras sampai pagi. Air mulai masuk rumah sejak jam 06.00 setelah tanggul jebol," kata Tasrip, di kediamanya.

Baca juga: Banjir Cipinang Melayu, Pemprov DKI Bebaskan Lahan untuk Normalisasi Kali Sunter Tahun Ini

Warga lainnya, Syahrudi (27), berharap agar tanggul segera tertangani. Ia dan warga lainnya, khawatir jika hujan kembali turun, air datang lebih banyak lagi.

"Cuacanya masih begini mendung dan masih sering hujan. Harapannya air segera surut dan tanggul bisa diperbaiki," kata Syahrudi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X