Ada Sarang Tawon Vespa Raksasa di Atap Rumah Warga, Petugas Damkar Kesulitan Musnahkan

Kompas.com - 16/02/2020, 08:54 WIB
Petugas Animal Rescue Damkar Cianjur, Jawa Barat tengah berupaya mengevakuasi sarang tawon Vespa affinis yang menempel di plafon lantai dua rumah warga di daerah Maleber, Karangtengah, Cianjur, Jumat (14/2/2020) malam. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANPetugas Animal Rescue Damkar Cianjur, Jawa Barat tengah berupaya mengevakuasi sarang tawon Vespa affinis yang menempel di plafon lantai dua rumah warga di daerah Maleber, Karangtengah, Cianjur, Jumat (14/2/2020) malam.

CIANJUR, KOMPAS.com - Petugas Damkar Cianjur memusnahkan sarang tawon Vespa affinis di atap rumah warga di Kampung Babakan RT 001/003, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (14/2/2020) malam.

Petugas sempat mengalami kesulitan mengingat ukuran sarangnya yang cukup besar dan melekat pada plafon atap loteng rumah milik warga bernama Ayi tersebut.

"Panjangnya 1 meter, lebar 0,5 meter, dan tinggi 50 sentimeter," kata petugas tim Animal Rescue Damkar Cianjur, Daryana kepada Kompas.com, Jumat malam.

Baca juga: Damkar Jaktim Evakuasi 7 Sarang Tawon Vespa dalam Sehari

"Penanganannya membutuhkan waktu 1 jam karena sarangnya cukup besar. Ini rekor (sarang ukuran besar) yang kedua sepanjang tahun ini kita melakukan penanganan."

Untuk menghindari serangan tawon yang memiliki sengatan mematikan itu, petugas menutup setiap lubang pada sarang tempat keluar masuk tawon dengan busa.

"Selanjutnya, kita semprot dengan bensin untuk melumpuhkan tawon yang ada di dalamnya,” ujar dia.

Baca juga: Ketua RT dan Pengurus Desa di Cianjur Tersengat Tawon Vespa Affinis

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X