Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Depan PDI-P Keluarkan Rekomendasi Pilkada, Optimistis Menang di Jateng

Kompas.com - 15/02/2020, 17:24 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - PDI-P memastikan rekomendasi untuk bakal calon pilkada serentak 2020 akan diberikan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri pada pekan depan. 

Ketua DPP PDI-P Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani mengatakan, rekomendasi tersebut akan diberikan secara bertahap dan dimulai pada minggu depan.

Dengan mengenakan kemeja hitam berlogo kepala banteng, Puan yang juga menjabat sebagai Ketua DPR RI ini menemui awak media selepas acara Rakerda DPD PDI-P Jateng di Panti Marhaen Semarang.

"Rekomendasi baru akan dikeluarkan minggu depan secara bertahap. Jadi nanti kita tunggu saja sesuai mekanismenya," jelas Puan saat ditemui seusai Rakerda DPD PDI-P Jateng di Panti Marhaen Semarang, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Persilakan Partai Lain Mengusung, PDI-P Yakin Gibran Tetap Setia

Puan berharap, PDI-P di Jateng dapat mendulang perolehan suara dengan target 70 persen untuk memenangi pilkada serentak di 21 kabupaten/kota.

"Saya berharap PDI-P di Jateng dapat memenangi pilkada di 21 kabupaten/kota. Tapi, paling tidak targetnya lebih kurang 70 persen dari 21 kabupaten/kota. Namun, namanya politik, pasti berdinamika, bisa naik, bisa turun," kata Puan.

Kendati demikian, pihaknya optimistis PDI-P di Jateng akan memenangi perolehan suara untuk calon yang direkomendasikan pada Pilkada 2020.

"Kita tetap solid bergerak dan berjuang bersama untuk memenangi pilkada dengan calon-calonnya yang direkomendasikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI-P Bambang Wuryanto mengatakan, rekomendasi akan diberikan tiga tahapan.

Untuk bulan ini, akan diturunkan 45 rekomendasi bagi para pasangan calon (paslon) wali kota, wakil wali kota, ataupun bupati seluruh Indonesia. 

"Minggu depan ini akan diberikan rekomendasi dari DPP. Ada 45 kandidat. Kemudian rekomendasi kedua minggu pertama Maret dan tahap ketiga akhir Maret," ujar Bambang Pacul, sapaan akrabnya.

Baca juga: Pilkada Solo Jadi Ujian bagi PDI-P, Antara Kader Instan dan Loyalitas Kader Inti

Kendati demikian, pihaknya masih merahasiakan jumlah rekomendasi yang akan diturunkan untuk kandidat di Jateng.

Namun, dia bilang, di tahap pertama rekomendasi, salah satunya akan diberikan bagi Jawa Tengah.

"Kalau untuk Semarang mudah-mudahan masuk rekomendasi tahap satu. Karena dari kinerja petahana cukup bagus. Lalu, untuk Surakarta tidak bisa dibocorkan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com