Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Presiden Jokowi Rencananya Resmikan Stadion Manahan Solo

Kompas.com - 14/02/2020, 17:41 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan dengan pertandingan persahabatan antara Persis Solo vs Persib Bandung pada Sabtu (15/2/2020) petang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat meninjau Stadion Manahan bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman, dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020).

Basuki mengungkapkan, peresmian Stadion Manahan sudah lama direncanakan dan dilakukan bersamaan dengan meresmikan Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Sabtu (29/2/2020).

"Tapi karena besok ada pertandingan persahabatan Persib vs Persis, Pak Wali Kota (FX Hadi Rudyatmo) minta sekalian untuk diresmikan," kata Basuki.

Baca juga: Perjalanan Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-20

Peresmian Stadion Manahan tersebut juga bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-275 Kota Solo dan HUT ke-20 Pasoepati.

"Besok harinya baik. Penontonnya baik. Jadi mau diresmikan besuk sama Bapak Presiden langsung," imbuhnya.

Menurut Basuki, peresmian Stadion Manahan oleh Presiden Jokowi tersebut sekaligus untuk persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Setelah diresmikan, Stadion  Manahan akan diserahkan pengelolaannya kepada Pemkot Surakarta.

"Ini masih masa pemeliharaan, jangan dirusak. Harus kita pelihara," ungkap Basuki.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan alasan dirinya meminta Presiden Jokowi meresmikan Stadion Manahan besok karena bersamaan dengan agenda kepresidenan di wilayah Solo Raya.

Adapun peresmian Stadion Manahan tersebut dilakukan sebelum pertandingan persahabatan antara Persis Solo vs Persib Bandung dimulai.

"Kalau diizinkan besok dari pada melihat saja, saya meminta beliau untuk meresmikan sekalian," kata Rudy.

Baca juga: Jokowi Lepas Sepasang Elang Jawa, Abu dan Rossy, di Lereng Merapi

Permintaan meresmikan Stadion Manahan tersebut saat Rudy dalam satu mobil bersama Presiden Jokowi seusai menyambutnya di Bandara Internasional Adi Soemarmo.

"Tadi saya diminta untuk satu mobil sama beliau (Presiden Jokowi). Saya sampaikan juga kepada beliau untuk meresmikan Stadion Manahan besok," ungkap Rudy.

Sebagaimana diketahui, renovasi Stadion Manahan selesai sekitar Oktober 2019 itu menghabiskan anggaran bersumber APBN Rp 301,33 miliar.

Stadion berskala internasional tersebut menggunakan kursi tunggal dengan kapasitas sekitar 20.000 penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com