Jokowi Lepas Sepasang Elang Jawa, Abu dan Rossy, di Lereng Merapi

Kompas.com - 14/02/2020, 14:15 WIB
Presiden Joko Widodo melepas burung Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). KOMPAS.COM/IKA FITRIANAPresiden Joko Widodo melepas burung Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020).

MAGELANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melepas elang jawa (Nisaetus bartelsi) di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). 

Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Mensesneg Supratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Provinsi DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, Bupati Magelang Zaenal Arifin dan jajaran pejabat daerah setempat.

Saat tiba di TNGM Jurang Jero, Jokowi langsung disambut oleh ratusan warga setempat.

Baca juga: Jokowi Akan Sambangi Taman Nasional Gunung Merapi

Di titik poin pertama, Jokowi langsung melakukan pelepasan sepasang burung elang jawa yang diikuti dengan pelepasan burung jenis lainnya seperti perkutut dan kutilang.

"Sebenarnya TNGM Jurang Jero ini memiliki kemampuan untuk menampung enam pasang. Tapi hari ini yang dilepas hanya satu pasang (elang jawa)," ujar Jokowi disela-sela melakukan pelepasan burung di lokasi TNGM Jurang Jero, Jumat (14/2/2020).

Sepasang elang jawa yang dilepas Jokowi diberi nama Abu (jantan) dan Rossy (betina). Kedua elang ini berusia 3 tahun yang merupakan pemberian warga. 

Selain melepas elang jawa, Jokowi juga menaman pohon pule di lokasi yang sama.

Jokowi berujar, ingin memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem satwa, flora fauna, dan juga penanaman kembali (reboisasi) di kawasan-kawasan yang rawan terhadap bencana banjir dan tanah longsor.

"Tadi saya sampaikan menanam vetiver yang fungsi hijaunya ada tapi fungsi ekonominya juga ada. Inilah yang akan terus daya dorong," terang Jokowi.

Baca juga: Pemerintah Diminta Lepaskan Elang Jawa dan Burung Hantu untuk Kontrol Populasi Kobra

Sementara, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, kegiatan penanaman pohon di TNGM Jurang Jero bertujuan untuk lingkungan baik di kawasan hutan negara maupun di kawasan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X