Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Tikus Terjebak di Freezer Makanan Supertore di Lampung, Dinkes: Ini Menyangkut Kesehatan Masyarakat

Kompas.com - 13/02/2020, 16:26 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seekor tikur berukuran besar terjebak di dalam freezer makanan beku di salah satu supermakerket di Lampung viral di media sosial.

Salah satu akun yang mengunggah video tikus tersebut yakni Instagram Seputar Lampung @seputar_lampung.

Dalam video itu terlihat hewan pengerat itu lari dari bawah freezer kemudian melompat ke dalam dan hilir mudik di antara makanan beku.

Baca juga: Viral, Tikus Besar Terjebak di Freezer Makanan Superstore di Lampung

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandarlampung, Kadek Sumarta mengatakan, manajemen supermarket harus bertanggung jawab atas peristiwa ini.

Karena, katanya, supermarket yang menjual bahan makan seharusnya bebas hama.

“Ini menyangkut kesehatan masyarakat,” katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Seekor tikus berukuran sekitar 20 cm ditemukan 'terjebak' dalam etalase roti di Chandra Superstore Tanjungkarang. Video dengan pemandangan tak biasa itu pun dengan cepat menyebar di media sosial. : Terkait hal itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandarlampung Kadek Sumarta mengaku akan meminta pertanggungjawaban pihak pusat perbelanjaan tersebut. : "Ini menyangkut makanan serta kesehatan masyarakat. Jadi tidak bisa (dianggap) main-main," ujarnya. : Di lain pihak, Kepala Toko Chandra Tanjungkarang Hardoyo Atmodjo menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan PT Agricon Putra Citra Prima mengenai penanggulangan hama. : #tikus #etalase #etalasekaca #chandra #chandrasuperstore #tanjungkarang #seputarlampung #lampung #bandarlampung #lampungselatan #pesawaran #pringsewu #tanggamus #lampungbarat #pesisirbarat #lampungtengah #metro #lampungtimur #lampungutara #waykanan #tulangbawang #tulangbawangbarat #mesuji

A post shared by Seputar Lampung (@seputar_lampung) on Feb 12, 2020 at 4:46am PST

Sementara itu, Kepala toko supermarket, Hardoyo Atmojo membenarkan ada seekor tikus masuk ke dalam freezer makanan.

Namun, pihak karyawan maupun manajemen tidak mengetahui dari mana tikus itu masuk ke dalam toko.

“Sekitar lokasi ini kan ada selokan dan saluran air lainnya. Nanti kita coba untuk menggali lagi lebih dalam informasinya,” kata Hardoyo kepada para pewarta, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Ini Perkembangan Sukiyah, Pemilik Rambut 2 Meter yang Jadi Sarang Tikus

Dikatakan Hardoyo, selama ini untuk penanganan masalah hama diserahkan ke pihak ketiga. Terkait kejadian tersebut, pihaknya akan mengevaluasi agar peristiwa itu tidak terulang.

Hardoyo menambahkan, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung mengenai pengendalian hama.

“Semua cabang akan kami cek ulang,” kata Hardoyo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pengunjung toko, tikus itu telah ditangkap oleh salah satu petugas Satgas Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung.

(Penulis: Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor: Aprillia Ika)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com